KONSEP LAKTASI DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF TAFSIR MAQĀṢIDĪ

  • Nur Faizah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Umi Kalsum

Abstract

Laktasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam merawat anaknya dan mempersiapkannya untuk menjadi generasi yang baik di masa depan. Dalam Al-Qur’an terdapat beberapa ayat yang menjelaskan tentang laktasi. Hal ini menunjukkan besarnya perhatian Al-Qur’an terhadap proses laktasi. Dari beberapa literatur kitab tafsir yang sudah memberikan penjelasan umum mengenai konsep laktasi, penelitian ini berusaha menganalisis penafsiran tersebut dengan mengungkapkan sisi maqāṣid di balik ayat-ayat tentang laktasi dalam Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan perspektif tafsir maqāṣidī untuk mengungkap dimensi makna terdalam dari konsep laktasi dalam Al-Qur’an dengan teori yang digunakan adalah teori tafsir maqāṣidī Abdul Mustaqim. Dari penelitian ini ditemukan bahwa dari penafsiran para mufassir terhadap ayat-ayat laktasi dapat diambil beberapa poin, diantaranya adalah bahwa dua tahun penuh merupakan masa laktasi yang ideal, kewajiban para ayah untuk memenuhi kebutuhan penyusuan anak, dibolehkannya anak untuk disusukan kepada perempuan selain ibu, dan adanya unsur kemahraman akibat laktasi sebagaimana kemahraman akibat nasab. penerapan tafsir maqāṣidī atas konsep laktasi memiliki signifikansi yang sesuai dengan semua prinsip maqāṣid al-sharī‘ah dan nilai-nilai fundamental Al-Qur’an yang merupakan cita-cita Al-Qur’an dalam merealisasikan kemaslahatan.

References

Ahmad, La Ode Ismail. “Penyusuan Dalam Pemikiran Pakar (Studi Penalaran Hukum Berwawasan Fiqh Indonesia).” Jurnal Al-Maiyyah 9, no. 2 (2016).
Al-Ḥasanī, ‘Alī Zādah Fayḍullāh. Fatḥ Al-Raḥmān Liṭālib Āyat Al-Qur’ān. Bandung: CV. Penerbit Diponegoro, n.d.
Al-Maragi, Ahmad Mustafa. Tafsir Al-Maragi. Edited by Anwar Rosyidi. Translated by Bahrun Abu Bakar. Vol. 28. Semarang: Karya Toha Putra Semarang, 1986.
———. Tafsir Al-Maragi. Edited by Al Humam MZ. Translated by Anshori Umar Sitanggal and et.al. Vol. 2. Semarang: Karya Toha Putra Semarang, 1987.
Ash-Shabuni, Syaikh Muhammad Ali. Shafwatut Tafasir: Tafsir-Tafsir Pilihan. Edited by Muslich Taman. Translated by Yasin. Vol. 3. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011.
Asnawati, Ibrahim Bafadhol, and Ade Wahidin. “Pemberian Asi Pada Anak Dalam Perspektif Al-Qur`An.” Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 01 (2019). https://doi.org/10.30868/at.v4i01.429.
Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir: Akidah, Syariah, Manhaj. Translated by Abdul Hayyie Al-Kattani. Vol. 2. Jakarta: Gema Insani, 2013.
———. Tafsir Al-Munir: Aqidah, Syariah, Manhaj. Edited by Achmad Yazid Ichsan. Translated by Abdul Hayyie al Kattani. Vol. 13. Jakarta: Gema Insani, 2016.
Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI, and Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). “Seksualitas Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains.” In Tafsir Ilmi. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2012.
Departemen Agama. Membangun Keluarga Harmonis (Tafsir Al-Qur’an Tematik). Jakarta: Departemen Agama RI, 2008.
Falikhah, Nur. “ASI Dan Menyusui (Tinjauan Demografi Kependudukan).” Alhadharah (Jurnal Ilmu Dakwah) 13, no. 26 (2014).
Hanafi, Yusuf. “Peningkatan Kecerdasan Anak Melalui Pemberian Air Susu Ibu (ASI).” Mutawatir 01 (2011).
Hasriyana, Dina, and Endang Surani. “Pentingnya Memberikan Asi Ekslusif Untuk Kehidupan Bayi Dalam Perspektif Islam Dan Kesehatan; Literatur Review.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 8, no. 5 (2021). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i5.22241.
Kusumaningrum, Demeiati Nur. “Rasionalitas Kebijakan Pro Laktasi Indonesia.” Jurnal Sospol 2, no. 1 (2016).
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.
Mustaqim, Abdul. “Argumentasi Keniscayaan Tafsir Maqashidi Sebagai Basis Modernisasi Islam.” Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ulumul Qur’an disampaikan di Hadapan Rapat Senat Terbuka Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 16 Desember 2019, UIN Sunan Kalijaga, 2019.
Nurwahyudi, Masrul Isroni. “Konsep Raḍā’ah Dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik Ayat-Ayat Tentang Menyusui Bayi Dalam Perspektif Mufassir Dan Sains).” QOF 1, no. 2 (2017).
Shaleh, Abdul Qodir. ASI Dalam Sudut Pandang Islam & Ilmu Kesehatan Modern. Edited by Nur Hidayah. Sleman: Ar-Ruzz Media, 2017.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbāh: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 1. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
———. Tafsir Al-Mishbāh: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 14. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Thaib, Hasballah, and Zamakhsyari Hasballah. Pendidikan Dan Pengasuhan Anak Menurut Al-Qur’an Dan Sunnah. Medan: Perdana Publishing, 2012.
Ummah, Siti Rohmatul. “Memahami Maqashid Asy-Syari’ah Pada Ayat Radha’ah Perspektif Keadilan Gender.” Jurnal Ilmiah Ahwal Syakhshiyyah (JAS) 3, no. 1 (2021).
Yanggo, Huzaemah Tahido. “Kedudukan Perempuan Di Dalam Islam Dan Problem Ketidakadilan Gender.” Nida’ Al-Qur’an 3, no. 1 (2018).
Zayd, Waṣfī ‘Āshūr ‘Alī Abū. Metode Tafsir Maqāsidī. Edited by Dien Cahaya. Translated by Ulya Fikriyati. Jakarta Selatan: PT Qaf Media Kreatifa, 2020
Published
2022-09-24
How to Cite
FAIZAH, Nur; KALSUM, Umi. KONSEP LAKTASI DALAM AL-QUR’AN PERSPEKTIF TAFSIR MAQĀṢIDĪ. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 90-107, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/637>. Date accessed: 24 apr. 2024.