EFEKTIVITAS DAKWAH GUS BAHA’ TERHADAP PEMAHAMAN FIQIH IBADAH SHALAT MAHASISWA
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, media sosial merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu media sosial yang banyak menjadi tempat untuk penyiaran dakwah adalah YouTube, misalnya Channel NU Online yang berisi tentang keagamaan ini memuat sholawat, kajian para tokoh dan ulama. Salah satunya yakni KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau sering disebut dengan Gus Baha’, yang terkenal sebagai ulama dengan model dakwah yang santai dan gaya humor yang khas. Setiap cerita dan pernyataan beliau selalu menonjolkan ilmu yang menyisipkan humor. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas dakwah Gus Baha’ dalam Chanel NU Online terhadap pemahaman Fiqih Ibadah mahasiswa KPI IAIN Ponorogo. (2) Melihat pengaruh dakwah Gus Baha’ DI Chanel NU Online terhadap pemahaman mahasiswa KPI IAIN Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah yang berjumlah 130 orang dan sampel yang digunakan adalah 60 responden yang aktif menggunakan YouTube. Hasil dari analisis data yang ditemukan menunjukkan bahwa: (1) Dakwah Gus Baha’ dalam media YouTube yang dilakukan pada mahasiswa KPI IAIN Ponorogo sudah baik karena nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. (2) Terdapat pengaruh antara rata-rata pemahaman mahasiswa KPI IAIN Ponorogo, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji-t bahwa Mean difference menunjukkan pengaruh dakwah Gus Baha’ terhadap mahasiswa KPI IAIN Ponorogo. Dari hasil analisis mean difference adalah 86,940 dengan demikian menunjukkan pengaruh dakwah Gus Baha terhadap mahasiswa KPI IAIN Ponorogo dengan rata-rata pemahaman mahasiswa yaitu 85,14 sampai 89,74.
References
Aziz, Moh Ali, Ilmu Dakwah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014),.
Cahyono, Guntur, and Nibros Hassani. “YouTube Seni Komunikasi Dakwah Dan Media Pembelajaran.” Al-Hikmah 13, no. 1 (2019),.
Farid Zhaman, “Pesan Dakwah Gus Baha’ Dalam Ceramah Di Akun Youtube Ngaji Kyai.,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11),.
Fadly Usman, “Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah,” Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam (Al-Tsiqoh) 1,.
Indrawan, Rully, and Poppy Yaniawati. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan (Revisi), 2017.
Iswahyudi, Udin Safala, Dwi Azizah Agustina. “Deradicalization of the Idea of An Indonesian Islamic State Through the Website.” Dialogia: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 19, no. 1 (2021),.
Marwantika, Asna Istya. “Potret Dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media Di Indonesia.” Jurnal Al-Adabiya. Vol. 14, August 29, 2019. https://doi.org/10.37680/ADABIYA.V14I01.100.
Marwantika, Asna Istya, and Evi Novitasari. “Da’i Akademisi Dalam Kontestasi Dakwah Digital : Analisis Media Siber Channel Youtube Transformasi Iswahyudi.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 8, no. 1 (June 30, 2021): 90. https://doi.org/10.21043/AT-TABSYIR.V8I1.9364.
———. “TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 1, no. 1 (2021): 249–65. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/37.
Muhadi, Ujang. “Membangun Efektifitas Dakwah Dengan Memahami Psikologi Mad’u.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 4, no. 2 (2019),.
Putri, Elsa Carinta. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Dakwah (Studi Kasus: Instagram @Nunuzoo).” Repository 8, no. 2 (2018),.
Stai Sufyan and Tsauri Majenang, “Analisis Wacana Absolutisme Tauhid Pada Kajian Gus Baha’ Di Kanal YouTube NU ONLINE,” AT-THARIQ: Jurnal Studi Islam Dan Budaya P3M 1,.