TAFSIR AYAT POLITIK PERSPEKTIF NADIRSYAH HOSEN

  • Rangga Nurseta IAIN PONOROGO
  • M. Irfan Riyadi

Abstract

Abstrak : Politik pada dasarnya merupakan fenomena dalam masyarakat yang selalu berkaitan dengan manusia. Pergulatan politik dalam kehidupan manusia selalu mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan zaman berupa teknologi informasi memberikan sebuah dorongan dalam kontribusi penafsiran Al-Qur’an mengenai dinamika politik kekinian. Oleh karena itu, diperlukan dinamika politik yang mampu menyelaraskan norma-norma sosial dengan agama, dan Nadirsyah Hosen memiliki peran penting melalui bidang penafsirannya. Maka, penellitian ini membahas tentang metode penafsiran, kriteria pemimpin dan relevansi tafsirnya. Peneliti menggunakan metode kajian kepustakaan (library research) dengan pendekatan konstektual dalam mengkaji penelitian ini. Keberhasilan dalam penelitian ini, didukung dengan mengkaji 6 ayat Al-Qur’an berkaitan dengan politik yang ditafsirkan oleh Nadiryah Hosen berupa Al-Maidah (51), An-nisa’ (138-139), An-Nisa’ (59), Al-Maidah (44, 45, 47), An-Nisa (108) dan An-Nur (55). Hasil penelitian ini, menjelaskan bahwa dalam melakukan penafsiran ayat politik Nadirsyah Hosen menggunakan metode tematik (maudhu’i) dengan corak adabi al-ijtima’i. Dalam menafsirkan ayat tentang kepemimpinan, dijelaskan bahwa tidak ada syarat khusus bahwa pemimpin harus dari orang Islam. Akan tetapi, orang yang mampu menjungjung tinggi keadilan, bertanggung jawab dan amanah. Sedangkan dalam menafsirkan ayat-ayat tentang kekuasaan, lebih fokus dalam mengkritisi terjadinya politisasi tafsir yang membahas mengenai Al-Maidah (51) terkait kepemimpinan non-muslim, An-nisa’ (138-139) tentang Pilkada dan An-Nisa (108) tentang KPU.

References

REFERENSI
Affandi, Nurkholik, “Harmoni dalam Keberagaman (Sebuah Analisis tentang Konstruksi Perdamaian Antar Umat Beragama)”, Jurnal Komunikasi dan Keagamaan, 1 (Juni 2012).
Al-Qur’an Kemenag, Q.S. An-Nisa’/4:59.
Amin, Muhammad, “Kontribusi Tafsir Kontemporer dalam Menjawab Persoalan Ummat,” Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry, Jurnal Substantia.
Bakry, Hasbullah, Sistematik Filsafat, (Jakarta: Wijaya, 1981).
Degaf, Agwin, “Kasus Ahok dalam Perspektif Ilu Linguistik”, Senabastra, 9 (2017).
Didik Hariyanto & Finalni Pritituesdina, “Analisis Framing Berita Kasus Ahok dalam Polemik Surat Al-Maidah 51 pada Kompas.Com dan Republika.Com”, Mediakom, No. 2(2018).
Fattah, Damanhuri, “Teori Keadilan Menurut John Rawls”, Jurnal TAPIs, 2 (Juli-Desember 2013).
Hasan, Nor, “Agama dan Kekuasaan Politik Negara”, Arvhives, No. 2(2014).
Hosen, Nadirsyah, “Tafsir Al-Qur’an di Medsos” (Yogyakarta: PT Bentang Pustaka, 2020).
Hosen, Nadirsyah, Islam Yes Khilafah No (Jilid 2), (Yoyakarta: Suka Press, 2020).
Hosen, Nadirsyah, Islam Yes Khilafah No (Yoyakarta: Suka Press, 2018).
https://islami.co/politisasi-ayat-terjemahisme-dan-post-truth/, di akses pada 23 Maret 2022.
Jayanto, Dian Dwi, “Mempertimbangkan Fenomena Populisme Islam di Indonesia dalam Perspektif Pertarungan Diskursif: Kontestasi Wacana Politik antara Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) dan Nahdlatul Ulama (NU),” Jurnal Filsafat, 1 (Februari 2019).
Junaedi, Wahyullah, “Pandangan Nadirsyah Hosen tentang Makna Kata Awlia dalam Q.S. Al-Maidah 51 (Study Analisis dalam Perspektif Hukum Islam)”, (Tesis, Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin, 2019).
Kaltsum, Lilik Ummi, “Politik dan Perubahan Paradigma Penafsiran Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Proses Pilkada DKI Jakarta”, Junal at-Tibyan, 1 (Juni 2019).
M. Alfatih Suryadilaga Dkk, Metodologi Ilmu Tafsir. (Yogyakarta: Teras, 2004).
Nawawi, Hadani, Penelitian Terapan, (Yogykarta, Gajah Mada University Press, 1944)
Rijali, Ahmad, “Analisis Data Kualitatif”, Jurnal Alhadharah, 33 (Januari – Juni 2018).
Sudrajat, Ajat, “Demokrasi Pancasila dalam Perspektif Sejarah”, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 1 ( 2016).
Vidya Mandarani & Nyoman Suwarta, “Analisis Wacana Makrostruktural Pemberitaan Ahok Pada Pilkada DKI 2017”, KANAl, 5(Maret 2017).
Published
2022-09-24
How to Cite
NURSETA, Rangga; RIYADI, M. Irfan. TAFSIR AYAT POLITIK PERSPEKTIF NADIRSYAH HOSEN. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 121-134, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/634>. Date accessed: 03 july 2024.