KARAKTERISTIK DAKWAH BI AL-QALAM : STUDI ANALISIS BUKU PRINSIP & KEBIJAKSANAAN DAKWAH ISLAM KARYA HAMKA

  • Alfan Fahmi Al Faqih Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Ahmad Munir Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Islam adalah agama dakwah, agama yang mewajibkan setiap muslim mengajak dan menyampaikan kebenaran yang datangngnya dari Allah, supaya nilai rahmat Islam dapat bersemi dan tumbuh dalam kehidupan individu, keluarga, masyarakat dan negara. Aktivitas mulia ini telah diperaktekan sejak Nabi Adam hingga Nabi Muhammad. Kewajiban itu, kini menjadi tugas umat Islam untuk melanjutkan misi dakwah tersebut. Topik dakwah adalah pesan yang disampaikan oleh da’i> kepada sasaran dakwahnya, baik dengan lisan maupun tulisan. Topik dakwah haruslah bersumber Al-Quran dan Hadist. Dakwah harus dapat mengembalikan umat Islam untuk dekat kepada Al-Quran. Penggunaan media masa sebagai media dakwah adalah suatu keharusan. Aktivitas dakwah harus menggunakan berbagai media. Di mata umat Islam khususnya para pemuda Islam sudah lama mengidap krisis identitas diri yang akut akibat ghazwul fikri (perang pemikiran) Barat yang tidak menginginkan Islam bangkit kembali. Dimana krisis ini menyerang keimanan pemuda Islam yang membuatnya lemah dalam ketauhidan. Ghazwul fikri ini menghancurkan keimanan dan daya tahan akidah umat dan menghilangkan rasa identitasnya sebagai muslim dan kebanggaan akan ajaran-ajaran Islam. Di dalam buku “Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam” ini Hamka menuliskan pengalaman-pengalaman pribadinya dan juga berbagai kisah-kisah Rasul dan para sahabat kedalam buku “Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam” dengan tujuan untuk memberi dorongan semangat dakwah para pemuda dan menuntun para pemuda dalam berdakwah Kepada mad’u>.

References

Abdullah. Dakwah Kultural Dan Struktural"Telaah Pemikiran Dan Perjuangan Dakwah Hamka Dan M. Natsir". Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta, 2010.
Dantes, Nyoman. Metode Penelitian. 1st ed. Yogakarta: Andi Offset, 2012.
Emhaf. Hamka Sang Retorika. Bantul: SOCIALITY, 2017.
Hamka. Dari Lembah Cita-Cita. Jakarta: Gema Insani, 2016.
———. Islam Revolusi & Ideologi. Jakarta: Gema Insani, 2018.
———. Prinsip Dan Kebijaksanaan Dakwah Islam. Jakarta: Gema Insani, 2018.
———. Tasawuf Moderen. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983.
Hikmat, Mahi M. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Marwantika, Asna Istya. “PEMETAAN ALIRAN PEMIKIRAN DAKWAH DITINJAU DARI PERIODISASI GERAKAN DAKWAH DAN KONSEP KEILMUAN.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 7, no. 01 (April 25, 2015): 17–37. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v7i01.364.
———. “Potret Dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media Di Indonesia.” Jurnal Al-Adabiya. Vol. 14, August 29, 2019. https://doi.org/10.37680/ADABIYA.V14I01.100.
M. Nazir. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia, 1988.
Nazir. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA cv, 2019.
Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Tim Sertifikasi Da’i Ikadi. Bekal Da’i Muda. Jakarta Timur: Pustaka IKADI, 2008.
Published
2022-09-25
How to Cite
AL FAQIH, Alfan Fahmi; MUNIR, Ahmad. KARAKTERISTIK DAKWAH BI AL-QALAM : STUDI ANALISIS BUKU PRINSIP & KEBIJAKSANAAN DAKWAH ISLAM KARYA HAMKA. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 272-284, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/633>. Date accessed: 19 apr. 2024.