MOTIF PENGGUNAAN INSTAGRAM @BARIKA BOUTIQUE SEBAGAI MEDIA PROMOSI

  • Nur Azizah Istiqomah IAIN PONOROGO
  • Muchlis Daroini IAIN PONOROGO

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta tentang toko Barika Boutique yang menggunakan media sosial instagram dalam mempromosikan produknya dan telah terbukti meningkatkan omzet penjualanya setiap tahun. Sementara itu secara teoritis, berbagai motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan media sosial Instagram untuk memenuhi kebutuhanya sebagai media promosi secara tepat sehingga dapat mempromosikan produknya pada konsumen sangat penting karena berkaitan dengan kepuasan yaitu omzet yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali: Motif-motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan Instagram @Barika Boutique sebagai media promosi. Penggunaan Instagram sebagai media promosi pada akun @Barika Boutique. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang  bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggali motif penggunaan Instagram @Barika Boutique sebagai media promosi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif, yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: beberapa motif yang mendorong Barika Boutique menggunakan Instagram sebagai media promosi yaitu motif informatif, motif pendidikan, dan motif hiburan, dan motif ekonomi, serta 4 alasan manusia menggunakan media yaitu motif untuk pengalihan, hubungan pribadi, identitas pribadi dan monitoring. Penggunaan instagram sebagai media promosi yang dilakukan oleh Barika Boutique yaitu melalui penggunaan beberapa fitur utama dari instagram seperti upload foto video pada feed Instagram, instastory, reels, highlight, direct message.

References

Abelman, R. (1987). Religious Television Uses and Gratifications. Journal of Broadcasting and Electronic, 31(3), 293-307.
Arabi, I. (1986). Mass Media and Malaysian Images for Foreign Countries: A Uses and Gratifications Perspectives (Disertasi, University of Wisconsin).
Burhan Bungin. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Kencana Prenada Media Group).
Dr. Humaizi, M.A.(2018). Uses and Gratifications Theory(Medan: USU Press)
Fatimah Bilqis (2018).Penggunaan Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan(Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta).
M. Fachri Syahreza dan Irwan Syari Jalaluddin, Rakhmat . 2015. Psikologi Komunikasi. (Bandung: PT Remaja)
Tanjung. (2018)Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED.(Jurnal Interaksi).
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, (Bandung : Simbiosa Rekatama Media.)
Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). (Jakarta : Kencana Prenadamedia Group).
Sugeng Puji Leksono. (2016)Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif (Malang: Kelompok Intrans Publising)
Hasil Wawancara dengan Koiriah, pemilik Barika Boutique, 6 Mei 2021 melalui percakapan media sosial whatshapp.
Hasil Wawancara dengan Koiriah, pemilik Barika Boutique, 22-23 Maret 2022 melalui percakapan media sosial whatshapp.
Hasil Wawancara dengan Koiriah, pemilik Barika Boutique, 29 Maret 2022 melalui percakapan media sosial whatshapp.
https://www.antaranews.com/berita/642774/pengguna-instagram-di-indonesia-capai-45-juta diakses pada tanggal 10 Oktober 2021 pukul 13.59
https://www.domainesia.com/tips/5-fitur-instagram-terbaru-untuk-bisnis diakses 10 oktober pukul 12.45
https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia diakses pada tanggal 31 Mei 2022 pukul 23:11)
Marwantika, Asna Istya. “Potret Dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media Di Indonesia.” Jurnal Al-Adabiya. Vol. 14, August 29, 2019. https://doi.org/10.37680/ADABIYA.V14I01.100.
———. “The Rise of New Santri on Instagram@ Santridesign: Community Branding and Mainstreaming of Moderate Da’wah.” Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam 5, no. 1 (2022): 14–26.
Published
2022-09-25
How to Cite
ISTIQOMAH, Nur Azizah; DAROINI, Muchlis. MOTIF PENGGUNAAN INSTAGRAM @BARIKA BOUTIQUE SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 221-233, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/628>. Date accessed: 24 apr. 2024.