RELEVANSI KONSEP ISTI‘ANAH DALAM MENGHADAPI MUSIBAH PANDEMI COVID-19

  • Muhammad Imam Mahudin iain ponorogo
  • Kayyis Fithri Ajhuri IAIN PONOROGO

Abstract

Abstrak: Musibah pandemi Covid-19 merupakan suatu bencana nasional yang telah menimbulkan banyak permasalahan pelik di tengah kehidupan masyarakat. Sehingga permasalahan tersebut menarik untuk diteliti guna menemukan sebuah pendekatan dalam menghadapi permasalahan tersebut. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Dan dalam menganalisis datanya penelitian ini menggunakan langkah-langkah penafsiran berdasarkan metode Tafsir Tematik milik M. Ba>qir al-S}adr. Penelititian ini menemukan adanya salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam menghadapi masalah tersebut yaitu dengan pendekatan konsep isti‘a>nah yang ada dalam Al-Qur’an. Berangkat dari temuan konsep tersebut maka penelitian ini akan fokus membahas hakikat isti‘a>nah dalam Al-Qur’an, bentuk isti‘a>nah dalam Al-Qur’an, dan analisis relevansi penerapan isti‘a>nah di masa pandemi Covid-19. Hasil pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa hakikat isti‘a>nah yang ada dalam Al-Qur’an yaitu berupa kesatuan antara ikhtiar dan doa, sebagai wujud kelemahan seorang hamba akan pertolongan Allah swt. Kemudian bentuk isti‘a>nah dalam Al-Qur’an yaitu dilakukan dengan sabar, salat, dan ta‘a>wun dalam hal kebaikan dan takwa. Dan analisis relevansi penerapan isti‘a>nah di masa pandemi Covid-19 yang didapati yaitu, isti‘a>nah diwujudkan atas dasar ikhtiar yang dipraktikkan dengan membantu pemerintah dalam mematuhi kebijakannya, dan dengan memperbanyak sabar dan salat. Serta berdoa kepada Allah swt. dengan memohon pertolongan-Nya juga menjadi aspek penting di samping senantiasa berikhtiar di masa pandemi Covid-19.


 

References

REFERENSI
‘Abd al-Ba>qi>, Muhammad Fu’a>d. Al-Mu‘jam al-Mufahras: Li’l-Alfa>z} al-Qur’a>n al-Kari>m. Kairo: Da>r al-Kutub al-Mis}riyyah, 1945.
Al-‘Asqala>ni, Ibn H{ajar.> Fathul Baari: Penjelasan Kitab Shahih al-Bukhari. Terj. Tt. Jilid 32. Jakarta. Pustaka Azam: Tt.
Al-Kandahlawi>, Muhammad Zakariyya>. Himpunan Kitab Fadhilah Amal. Terj. Tim Penerjemah Masjid Jami’ Kebon Jeruk, Jakarta. Bandung: Pustaka Ramadhan, 2011.
Al-S{adr, Muhammad Ba>qir. al-Tafsi>r al-Mawd}u>‘i> wa’l-Falsafah al-Ijtima>‘iyyah fi’l-Madrasah al-Qur’a>niyyah. Bairut: al-Da>r al-‘A>lamiyyah, 1989.
---------. al-Madrasah al-Qur’a>niyyah. tt: Da>r al-Kita>b al-Islami>, 2015.
Amelia, Nur. et. al., Peran Agama dalam mengatasi Kecemasan Masyarakat Terkait Pandemi Covid-19, Abdi Mas Adzkia, Jilid 1, No.2 Tahun 2021.
Ash-Shidieqy, Tuengku Muhammad Hasbi. Tafsir al-Qur’anul Majid an-Nuur. Jilid 1. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.
Bramasta, Dandy Bayu. Update Corona 3 Agustus: Indonesia Jadi Negara dengan Tambahan Kematian Tertinggi di Dunia, (Kompas.com), (lihat di: https://www.kompas.com/update-corona-3-agustus-indonesia-jadi-negara-dengan-tambahan-kematian-tertinggi-di-dunia), diakses 2 Februari 2022.
Ghafur, Waryono Abdul. Hidup Bersama Al-Qur’an: Jawaban Al-Qur’an terhadap Problematika Sosial. Yogyakarta: Pustaka Rihlah, 2007.
---------. Tafsir al-Fatihah: Menggali Makna Aktual Meraih Hikmah Kontekstual. Yogyakarta: Kaukaba, 2013.
Hamka. Tafsir al-Azhar. Jilid 1. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984.
---------. Tafsir al-Azhar. Jilid 9. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984.
---------. Tafsir al-Azhar. Jilid 15. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984.
Khumaidi. Ikhtiar dalam Pemikiran Kalam Hamka: Analisa Ikhtiar sebagai Prinsip Pembangunan Harkat Hidup Manusia. Tesis, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2017.
Marwantika, AI. “Persuasive and Humanist Da’wa Message on the Gus Mus’@ s. kakung Instagram Account during the COVID-19 Pandemic.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan …, no. Query date: 2022-04-15 06:11:01 (2021). http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/komunika/article/view/4522.
Mursalim. Doa dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal al-Ulum, Jilid 11, No.1 Tahun 2011.
Misno, Abdurrahman. et. al., Covid-19: Wabah, Fitnah dan Hikmah. Bogor: Pustaka Amma Alamia, 2020.
Nugraheny, Dian Erika. Satgas: Gelombang Kedua Covid-19 Terjadi di Indonesia, Kasus Naik 381 Persen, (Kompas.com), (https:// nasional.kompas.com/read/ satgas-gelombang-kedua-covid-19-terjadi-di-indonesia-kasus-naik-381-persen), diakses 21 November 2021.
Presiden Republik Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2021: Tentang Penetapan Status Faktual Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia. Jakarta: Kementerian Sekretrariat Negara Republik Indonesia, 2021.
Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021: Tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus 2019 (Covid-19) Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah. Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, 2021.
Sembiring, Lidya Julita. Sad! 30 Juta UMKM Gulung Tikar Karena Corona, (CNBC Indonesia), (lihat di https://www.cnbcindonesia.com/news/sad-30-juta-umkm-gulung-tikar-karena-corona), diakses 2 Februari 2021.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishba>h: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jilid 1. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
---------. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.
Shomad, Abd. Hukum Islam: Penormaan Prinsip Syariah dalam Hukum Indonesia. Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2017.
Published
2022-09-24
How to Cite
MAHUDIN, Muhammad Imam; AJHURI, Kayyis Fithri. RELEVANSI KONSEP ISTI‘ANAH DALAM MENGHADAPI MUSIBAH PANDEMI COVID-19. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 135-146, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/623>. Date accessed: 20 apr. 2024.