RETORIKA DAKWAH DALAM KEGIATAN MUHADHARAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN

  • Azizah Kurniawaty Kurniawaty IAIN PONOROGO
  • Kayyis Fithri Ajhuri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Abstract

Retorika menjadi aspek penting dalam kegiatan dakwah, dengan adanya retorika atau seni berbicara tujuan utama dakwah yaitu mengajak kebaikan dengan menyampaikan pesan dari komunikator atau da>‘i kepada komunikan atau mad’u> terlaksana dengan baik. Ilmu retorika yang mengandung 3 rukun atau disebut dengan trisula retorika yang terdiri dari kontak, olah vokal, dan olah visual menjadi pondasi da>‘i untuk mampu menyebarkan ilmu yang telah dimiliki demi tersebar luasnya agama Islam. Ilmu retorika dapat diperoleh dari bakat asli seseorang dan pelatihan public speaking. Muhadharah menjadi salah satu kegiatan yang mewadahi dan membentuk da>‘i-da>‘iyah berkarakter untuk mengasah skill seni berbicara atau retorika di depan khalayak. Dalam kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan kata “retorika” masih asing di telinga santri. Namun pada hakikatnya mereka para da>‘i telah mengetahui dan mampu mempraktekkan substansi dakwah dengan memenuhi trisula retorika. Sehingga para da>‘i berpidato sesuai standarisasi dakwah pada umumnya meskipun dibutuhkan evaluasi rutin untuk memperbaiki retorika mereka dengan tujuan membentuk generasi mubaligh yang siap berkiprah di masyarakat.


 


 


 


 

References

Abidin, Yusuf Zainal, Pengantar Retorika. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Achamadi, Abu Chlid Narbuko, Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.
Arifin, H.M, Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Aziz, Moh. Ali, Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2004.
Basit, Abdul Filsafat Dakwah. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Choiroh, Himatul, and Asna Istya Marwantika. “TEACHER’S CORPORAL PUNISHMENT TO STUDENTS AS LEARNING COMMUNICATION AT MAMBAUL HISAN CHILDREN’S ISLAMIC BOARDING SCHOOL PONOROGO.” QAULAN: Journal of Islamic Communication 2, no. 1 (2021): 14–27.
Danim, Sudarwan Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, 2002.
Daniswara, Andika Damateja dkk, Pelaksanaan Kegiatan Muh{a>dharah Di Beberapa Pondok Modern Sebagai Upaya Untuk Melatih Maharah Kalam Para Santri, Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 1: Peran Mahasiswa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, 4.
David, Zarefsky Public Speaking; Strategies for Succes. Sixth Edition. Unite States: Pearson, 2010.
Departemen Agama RI, Al-Aliyy Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro, 2006.
Dori Wuwur, Hendrikus Retorika.Yogyakarta: Kanisius, 1991.
El-Ishaq, Ropingi Pengantar Ilmu Dakwah. Malang: Madani, 2016.
Farid, Imam Sayuti Geneologi dan Jaringan Pesantren di Wilayah Mataram. Yogyakarta: Nadi Pustaka, 2020.
Hasan, Iqbal Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.
Hasanuddin, Retorika Dakwah dan Publistik Dalam Kepemimpinan. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.
Hasanuddin, Hukum Dakwah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.
Hermawan Agus, Retorika Dakwah. Kudus: An-Nuur, 2018.
Ilahi, Wahyu Komunikasi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya: 2010.
Ismail, A. Ilyas Filsafat Dakwah; Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2019.
Jumadi, Manajemen Pondok Pesantren Al-Munawaroh Dalam Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Muhadhoroh. Skripsi, BENGKULU: IAIN, 2020.
Kurniawan, Henda Profesionalitas Da>‘i Ditinjau Dari Gaya Ceramah (Retorika) Pada Enam Da>‘i Di Desa bengbulang Kec. Karangpucung Kab. Cilacap. Skripsi, PURWOKERTO: IAIN 2017.
Lestari, Diana Ajie Bimbingan Muh{a>dharah dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Santriwati di Pondok Darul Arqom Patean Kendal. Skripsi, WALISONGO: UIN 2016.
Marwantika, Asna Istya. “Potret Dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media Di Indonesia.” Jurnal Al-Adabiya. Vol. 14, August 29, 2019. https://doi.org/10.37680/ADABIYA.V14I01.100.
Marwantika, Asna Istya, and Evi Novitasari. “Da’i Akademisi Dalam Kontestasi Dakwah Digital : Analisis Media Siber Channel Youtube Transformasi Iswahyudi.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 8, no. 1 (June 30, 2021): 90. https://doi.org/10.21043/AT-TABSYIR.V8I1.9364.
Nasir, Muhammad Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.
Nasution, S Metode research Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.
Nizar, Samsul Sejarah Sosial & DInamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana, 2013.
Rumpoko, Hadi Panduan Pidato Luar Biasa. Yogyakarta: Megabooks, 2012.
Satori, Djam’an Metodoogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sobur, Analisis Teks Media Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R%D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016.
Sulistyarini, Dhanik dkk Buku Ajar Retorika. Banten: CV. AA RIZKY, 2020.
Sukma, Aji, Bukan Public Speaking Biasa. Laksana: Yogyakarta, 2018.
Sukmadinata, Nana Syaodih Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2007.
Sunarto, Retorika Dakwah. Surabaya: Jaudar Press, 2014.
Suwandi, Basrowi Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2008.
Setiawan, Eko Strategi Muh{a>dharah Sebagai Metode Pelatihan Dakwah Bagi Kader Da>‘i Di Pesantren Daarul Fikri Malang. Jurnal FENOMENA, Vol. 14 No.2 Oktober 2015.
Silalahi, Ulber Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
Univesitas Negeri Malang: Prosiding Seminar Nasional Bahasar Arab III Jilid 1.
Wayati, Retorika Dakwah UStadz Jefri Al-Buchori. Skripsi (Purwokerto: IAIN, 2007.
Yacub, M Pondok Pesantren dan Pembangunan Masyarakat Desa. Bandung: Angkasa, 1984
Published
2022-09-25
How to Cite
KURNIAWATY, Azizah Kurniawaty; AJHURI, Kayyis Fithri. RETORIKA DAKWAH DALAM KEGIATAN MUHADHARAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 332-345, sep. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/620>. Date accessed: 26 apr. 2024.