ANALISIS WACANA SAWO SEBAGAI SIMBOL PERJUANGAN SECARA KULTURAL DI NAHDLATUL ULAMA

  • Muchlis Daroini IAIN Ponorogo

Abstract

Dalam tradisi Jawa bahasa tidak semata dimaknasi sebagai bentuk ungkapan perasaan, tapi banyak mengandung nilai-nilai filosofis yang penuh makna dan pesan secara filosofis.  Tradisi reflekstif- filosofis inilah yang menjadikan masyarakat Jawa banyak melahirkan ajaran-ajaran dan nilai-nilai luhur secara kultural di masayarakat. Tak terkecuali adalah kelompok masyarakat NU yang akar kulturalnya Jawa, karena memang NU dilahirkan di tanah Jawa, sehingga tradisi-tradisi lokal Jawa yang berakulturasi dengan nilai-nilai Islam menjadi bagian integral yang tidak terpisahkan dari masyarakat NU khususnya di Jawa. Diantara pesan simbolik tersebut adalah Sawo. Dalam tubuh NU secara historis sawo diyakini sebagai sebuah pesan dari Pangeran Diponegoro kepada pasukannya yang berpencar setelah tertangkap oleh Belanda. Pesan perubahan strategi perjuangan dakwah dari fisik menuju kultural. Dengan menggunakan analisis semiotika penelitian ini berusaha mengungkap makna-makna dan posisi makna dalam pergerakan kultural NU sekaligus mengungkap realitas pergerakan yang didasarkan pada makna sawo, baik nilai, kultural dan struktur masyarakat serta kaitanya dengan Islam yang menjadi nilai dasar NU.

References

Anggito, dan Johan Setiawan, Metodelogi Penelitian Kualitatif Sukabumi : CV Jejak Sukabumi, 2018.
Bizawie, Zaenul Milal, Masterpiece Islam Nusantara, sanad dan Jejaring Ulama-Santri (1830-1945). Pustaka Kompas Tangerang 2016.
Darma, Yoce, Aliah. Analisis Wacana Kritis. Bandung: CV Yrama Widya, 2009.
Eriyanto, Analisis Wacana Kritis, Pengantar Analisis Teks Media.. LKiS, Yogyakarta. 2001.
Shiraj, Said Aqil dalam Nasionalisme dan Islam Nusantara, Abdullah Ubaid dan Mohammad Bakir. Ed. Kompas. 2015.
Sumarlam, dkk. Analisis Wacana, Teori dan Praktik, Pustaka Caraka Surakarta. 2013.
Yusuf, Muri, Metodelogi Penelitian Kuantitafi, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Published
2021-09-16
How to Cite
DAROINI, Muchlis. ANALISIS WACANA SAWO SEBAGAI SIMBOL PERJUANGAN SECARA KULTURAL DI NAHDLATUL ULAMA. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 333-342, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/60>. Date accessed: 15 june 2024.