NETWORK SOCIETY, DAKWAH, DAN PERUBAHAN SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Yani Fathur Rohman IAIN Ponorogo
  • Andhita Risko Faristiana IAIN Ponorogo

Abstract

Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat membatasi interaksi sosial secara normal. Hal ini mendorong perubahan sosial masyarakat menuju ruang-ruang digital, termasuk dalam berdakwah dan kegiatan keagamaan yang lain. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur review dari berbagai sumber literatur.  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai konsep dakwah melalui paradigma networking society. Berdasarkan pemetaan subtantif dari berbagai literatur yang dikumpulkan, dakwah melalui ruang digital banyak menjelaskan tentang pemanfaatan new media sebagai ruang dakwah, interpretasi kelompok terhadap dakwah virtual, dan media baru sebagai tantangan sekaligus peluang dakwah. Penelitian terdahulu belum banyak melihat dakwah melalui new media sebagai konsekuensi dari perubahan sosial menuju networking society. Kajian ini menemukan bahwa adanya media baru mampu merubah paradigma lama tentang kualitas. di era networking society, siapa saja bisa menjadi ''ahli'' termasuk dalam menyampaikan ajaran agama. Masyarakat yang dulunya seringkali menjadi objek pasif dalam menerima nilai-nilai agama, saat ini memiliki potensi untuk berperan aktif dalam berdakwah. Kondisi ini semakin didorong oleh kondisi pandemi covid-19 yang memacu masyarakat untuk saling terhubung secara virtual lebih cepat. Penggunaan teknologi dalam dakwah yang telah dilakukan merupakan wujud dari modernisasi dalam Islam. Sehingga, kedepan akan menjadi challanges terutama bagi pemerintah dan para D'ai untuk menciptakan sistem bagaimana nilai-nilai agama yang terinternalisasi kepada para Mad'u tidak hanya memuat aspek agama, tetapi terintegrasi dengan nilai-nilai kebangsaan dan kemanusiaan agar tidak terjerumus pada ekstrimisme beragama

References

Ameliyaningsih, Tri et.al. Patuh kepada Tuhan atau Pemerintah? Culture Shock Masyarakat Muslim Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama UIN SU Medan, Vol.3, No.2: 134, 2020
Bajan, Adam. Paradigms of the Religious Network Society. Journal Stream: Interdisciplinary
Journal of Communication 7(1), 7-15, 2015
Briandana et, al. Da’wah Communication and Social Media: The Interpretation of Millennials in Southeast Asia. International Journal of Economics and Business Administration Vol.8, Special Issue 1, 2020
Bungin, Burhan. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi
Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013
Burhanuddin. Menejemen Dakwah di Media Sosial Era Milenial Studi Komunitas Arus
Informasi Santri Jawa Timur. Tesis: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, 2019
Castells, M. The rise of the network society. Malden, Mass: Blackwell, 1996
Castells, M. Materials for an exploratory theory of the network society. 1(51), 5–24, 2000
Crowley, E. D. Participatory cultures and implications for theological education.
Theological Librarianship, 6(1), 60–69, 2013
‘’Digital 2020, A comprehensive look at the state of the internet, mobile devices, social media,
and ecommerce’’, Hoosuit.com, Last modified 20 June 2021 https://www.hootsuite.com/resources/digital-2020
Hjarvard, S. The mediatization of society and culture. New York: Routledge, 2013

Ismail, et.al. Methods of Da’wah and Social Networks in Dealing with Liberalism and Extremism. Islamiyyat 40(2) 131 – 139, 2018
Levy, Pierre. Cyberculture, Electronik Mediations. Minn: London University of
Minnesota Press, 2001
Lubis dan Yasmine. Komodifikasi di Era Masyarakat Jejaring: Studi Kasus YouTube Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi, Vol (4) No.2, 2020
Marwantika, A. (2019). Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 1-14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100
Marwantika, Asna Istya. Persuasive and Humanist Da’wa Message on the Gus Mus’ @s.kakung Instagram Account during the COVID-19 Pandemic. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol.15, 2021.
Mursak, dan Sani. Management of the Da'wah of the Muhammadiyah Regional Leaders of
Sinjai Regency during the Covid-19 Pandemic, Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol: 8, 2021
Nisa, Eva F. Creative and Lucrative Daʿwa: The Visual Culture of Instagram amongst Female Muslim Youth in Indonesia. Journal Asiascape: Digital Asia Vol.5 68-99, 2018
Nuha, Ahcmad Arifudin. Post Dakwah di Era Cyber Culture. DAKWATUNA: Jurnal
Dakwah dan Komunikasi Islam Vol.6, No.2, 2020

Putra, Syah Arman. Peran Sosial Media Sebagai Media Dakwah Di Zaman Pandemic Virus Corona Atau Covid 19 Di Indonesia. Penangkaran: Jurnal penelitian agama dan masyarakat, Vol.4 No.1, 2020
Piliang, Yasraf Amir. Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Matahari, 2010
Rubawati, Efa. Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal studi komunikasi Vol. 2, 126-142, 2018
Saputra, Wahidin. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Raja grafindo persada, 2011

Setyowati dan Cahya. Peran Dakwah Daring untuk Menjaga Solidaritas Sosial di Masa Pandemi Covid 19, Academica: Journal of Multidisciplinary Studies Editorial, Vol. 4 No. 2, 2020
Sule, M. Maga. Social media utilization in Covid-19 epoch: Virtual da’wah-ramadan lectures in Northern Nigeria. Jurnal Ilmu Dakwah, 2020
Thaib, Erwin Jusuf. Problems of Da’wah in Social Media in Gorontalo City Communities. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies Vol.13 (1) 37-53, 2019
Uno, H. B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Published
2021-09-16
How to Cite
ROHMAN, Yani Fathur; FARISTIANA, Andhita Risko. NETWORK SOCIETY, DAKWAH, DAN PERUBAHAN SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 295-307, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/50>. Date accessed: 22 dec. 2024.