MERAIH MEANINGFUL LIFE: PERSPEKTIF PSIKOLOGI POSITIF DAN TASAWUF POSITIF

  • Muhamad Nurdin IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) bertujuan untuk memaparkan bagaimana mencapai kehidupan bermasyarakat yang penuh makna (meaningfull life) dalam sudut pandang Psikologi Positif sebagai perkembangaan termutakhir dari Ilmu Psikologi dan Tasawuf Positif yang merupakan  titik  balik  dari  tasawuf  konservatif. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini  karena kehidupan manusia selalu berjalan bersama dengan perubahan kekinian yang dapat menjebak individu dan masyarakat dalam kehidupan yang tidak lagi bermakna. Sehingga melahirkan emosi yang sulit dikendalikan, rentan stress, terbiasa menyalahkan keadaan dan kehidupan menjadi hampa.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa menelaah dan mengeksploitasi buku-buku, , internet dan sumber-sumber lain yang relevan. Data penelitian diolah dengan analitis deskriptif dengan pola pikir induktif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pecapaian kehidupan penuh makna menurut Psikologi Positif dapat dilakukan dengan meninggalkan semua ego kepemilikan individu dan mengabdikan diri untuk kemanusiaan. Di sisi lain Tasawwuf Positif berpendapat bahwa meaningfull life adalah nampaknya amal shaleh sebagai fungsi profetis Tasawuf dalam segala kehidupan sosial, dan juga ikut andil dalam penyelesaian permasalahan dunia.

References

......... The Garden of Truth, The vision and Promise of Sufism’s Islam’s Mystical Tradistion” diterjamhkan oleh Yulian Lupito, Bandung PT.Mizan Pustaka 2010.
Al-Kurdi, Muhammad Amin, Tanwi>rul Qulu>b fi Mu’a>malatil ‘Alla>mil Guyu>b, Mesir: Maktabah Dar Ihya al-Kutub al-’Arabiyyah, tt
Ansori, Muhamad Afif, Dimensi-dimensi Tasawuf, Lampung: Tea Ms Barokah, 2016.
Asad, Muhammad. Th e Message of the Quran, Gibraltar: Dar al Andalus, 1980
Baqir, Haidar. Tasawuf Positif: Alternatif Spiritual Bagi Masyarakat Modern, artikel dalam jurnal PESAN, No. 58, Th 2, 02/2002
Bastaman, H.D. Logoterapi :Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2007
Frankl, Victor Emile, Logoterapi (Terapi Psikologi Melalui Pemaknaan Eksistensi), Terj. M. Murtadlo, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2003
Frankl, Victor Emile. Man’s Seacrh for Meaning, Massachusetts, Beacon Press, 2017.
Koshal, T. Kolahdouzan, A., & Syarifi. Gh. Religion and Spirituality at the Spirituality Oriented Mystic and Psychologist, Interdisiplinary Journal of Contemporary research in Business, 2013.
Kuhn, Thomas.The Structure of Scientific Revolution. Chicago: University of Chicago Press, 1970.
Lindley, P. Alex, Joseph, Stephen, Harrington, Susan and Wood, Alex M., “Positive Psychology: Past, present, and possible) future”. In The Journal of Positive Psychology, Vol.1, No. 1, Routledge: The University of Warwick Publications service, 2006.
Machasin, Islam Dinamis Islam Harmonis; Lokalitas, Pluralisme, Terorisme, Yogyakarta: LKiS, 2011.
Maksum, Ali. Spiritualitas Masyarakat Modern, www.pesantrenvirtual.com
Mughni A. Syafiq. Nilai-nilai Islam : Perumusan Ajaran dan Upaya Aktualisasi ,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Nashori, Fuat. Pergeseran Ilmu Pengetahuan dalam Swara Pembaharuan, 21 September 1996.
Nasr, Sayyed Hossen. Islam dan Nestapa Manusia Modern, alih bahasa: Anas Mahyuddin. Bandung: Pustaka,1983.
Rahaman, Fazlur, Islam, diterjamahkan Ahsin Muhammad, Bandung, Pustaka 1984.
Sardini, Nur Hidayat. Kepemimpinan Pengawasan Pemilu Sebuah Sketsa, Jakarta: Rajawali Pres, 2014.
Seligman, E.P Martin. Authentic Happiness: Using the New Positive Psychology to Realize Your Potential for Lasting fulfillment, New York: Free Press, 2002.
Solihin, Muhammad. Terapi Sufistik, Bandung: Pustaka Setia, 2004,
Solikhin, Muh. Tasawuf Aktual, Menuju Insan Kamil, Semarang, Pustaka Nuun, 2004.
Thoules, H Robert. Pengantar Psikologi Agama, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1992.
Umar, Nasaruddin. Tasawuf Modern: Jalan Mengenal Dan Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT, Jakarta: Republika, 2014.
Yucel, Salih, “Spiritual Role Models in Gülen’s Educational Philosophy,” in Ali Ünsal [ed.], The Significance of Educational for the Future: The Gülen Model of Education (Jakarta: Fethullah Gülen Chair, 2010.
Published
2021-09-16
How to Cite
NURDIN, Muhamad. MERAIH MEANINGFUL LIFE: PERSPEKTIF PSIKOLOGI POSITIF DAN TASAWUF POSITIF. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 386-401, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/42>. Date accessed: 20 apr. 2024.