PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENTINGNYA PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DI JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM IAIN PONOROGO

  • Rizqi Akbarani IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Bahasa Inggris di jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau penelitian lapangan dimana penelitian langsung pada responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo. Sample dari penelitian ini adalah 30 mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan menggunakan teknik sampling yaitu simple random sampling. Adapun penelitian ini bersifat penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menemukan tentang persepsi mahasiswa tentang seberapa pentingnya penggunaan Bahasa Inggris pada mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.   

References

Arnita, Chintia. “Persepsi Mahasiswa Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuludin Adab Dan Dakwah IAIN Batu Sangkar Tentang Profesi Da’i (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan KPI Angkatan 2017-2019),” 2021.
Farida, Nugrahani. Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books. 1st ed. Vol. 1. Solo: Cakra Books, 2014. digilibfkip.univetbantara.ac.id.
Khasanah, Siti Uswatun, and Ainun Syarifah. “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya Terhadap Pembelajaran Daring Via Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2021): 23–33. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.70.
Mustarin, Amirah, and Muhammad Wiharto. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Program E-Learning Berbasis LMS Pada Mata Kuliah Teknologi Budidaya Perikanan.” Prosiding Hasil Penelitian Lembaga Penelitian Unhas, 2018, 249–53. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8870
Qori’ah Maghfirotillah, Etc. “Perspektif Mahasiswa Berlatar Jurusan Keislaman Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2015): 257–75. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.2.257-275.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. 24th ed. Bandung: Alfabeta, 2016.
Zuliati Rohmah. “English as A Global Language: Its Historical Past and Its Future.” Indonesian Scientific Journal Database 33, no. 1 (2005).
Published
2021-09-16
How to Cite
AKBARANI, Rizqi. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENTINGNYA PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DI JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM IAIN PONOROGO. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 377-385, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/39>. Date accessed: 13 june 2024.