KEBIJAKAN FISKAL DALAM SPEKTRUM MAQASHID AS-SYARI’AH

STUDI TENTANG PEMIKIRAN AL-SYATIBI DALAM KITAB AL-MUWAFAQAT

  • M. Zidny Nafi' Hasby UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Akmal Ihsan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemikiran al-Syatibi tentang kebijakan fiskal dalam spektrum maqashid syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode case study dengan cara merujuk ke sumber induk secara langsung yaitu kepada kitab al-Muwafaqat karya al-Syatibi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menetapkan kebijakan fiskal pada setiap negara. Penetapan kebijakan fiskal yang diputuskan oleh negara hendaknya harus berdasarkan dan pertimbangan nilai kemaslahatan. Kemaslahatan merupakan salah satu faktor yang harus diterapakan di dalam negara dengan tujuan untuk mewujudkan ke stabilan tata kelola pada kebijakan publik negara dan kesejahteraan rakyat. Penetapan kebijkan fiskal yang baik hendaknya harus dilakukan oleh setiap negara untuk kepentingan kesejahteraan rakyat, demikian juga perpajakan yang diterapkan oleh negara untuk kepentingan pemerataan ekonomi negara. Menurut Al-Syatibi dalam kitab al-Muwafaqat bahwa tidak ada satupun hukum Allah SWT yang tidak mempunyai tujuan atau maqashid, karena pada dasarnya setiap hukum yang tidak memiliki tujuan sama dengan membebankan sesuatu yang kepada seseorang yang tidak dapat dilaksanakan kerena tidak memiliki nilai.

References

Abdullah, Boedi. 2010. Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Abdullah, Hayat. 2014. "Reallocation Fiskal Policy: Implications For Enhancing Human Capital And Infrastructure Development On Economic Growth And Welfare Society ." Jurnal Bina Praja 120.
As-Sudani, Ahmad. t.th. Nailu al-Ibtihaj bi Tahwir adDibaj. Beirut: Dar al-Kutub al-'Ilmiah.
Asy-Yathibi. t.th. Al-Muawafaqat fi Ushul al-Ahkam. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiah.
Chamid, Nur. 2017. Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ekonomi, Dosen. 2018. Lima contoh instrumen kebijakan fiskal dan penjelasan lengkap. November. https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/contoh-instrumen-kebijakan-fiskal.
Faturrahman, Ayief. 2012. "Kebijakan Fiskal Indonesia dalam Perspektif Ekonomi Islam: Studi Kasus dalam Mengentaskan Kemiskinan." Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan.
Gilarso. 2004. Pengantar Ilme EKonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.
Ishaq, Al-Syatibi Abu. 2004. al-Muwafaqat fi Ushuli al-Syariah. Beirut: Al-Kotob Al-Ilmiah.
Karim, Adiwarman Azwar. 2017. Pemikiran Ekonomi Islam. Depok: PT Rajagrafindo.
—. 2004. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Karim, Adiwarman. Jakarta. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam . 2008: PT RajaGrafindo Persada.
—. 2008. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kasdi, Abdurrahman. 2014. "Maqashid Syari'ah Perspektif Pemikiran Imam Syatibi dalam Kitab AL-Muwafaqat." Yudisia.
Mangkoesoebroto, Guritno. 1994. Kebijakan Ekonomi Publik Di Indonesia : Substansi dan Urgensi, cetakan pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.
Markhumah, Umatun. 2019. "PENGARUH KETEGASAN SANKSI PAJAK, PENGETAHUAN PAJAK, TAX AMNESTY, PELAYANAN FISKUS, REFORMASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK." The 9th University Research Colloqium 2019 191.
Masud, Muhammad Khalid. 1996. Filsafat Hukum Islam: Studi tentang Hidup dan Pemikiran al-Syatibi . Bandung: Penerbit Pustaka.
Mukhlis, Timbul Hamonangan Simanjutak dan Imam. 2011. "Pentingnya Kepatuhan Pajak dalam Meningkatkan Kesejahteraan Hidup Masyarakat ." Repository 2.
Mustafa Edwin Nasution, et al. 2006. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.
Rahmawati. t.th. Maqashid Al-Syari’ah dalam Ekonomi Islam. t.c.
Ridha, Muhammad Rasyid. t.th. Mukaddimah Kitab al-I'tisham. Dar Kutub al-Araby.
Rivai, Annisa Ilmi Faried Lubis dan M Rivan. 2016. "ANALISIS PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, PENANAMAN MODAL ASING DAN EKSPOR TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO DI INDONESIA PERIODE 2005-2014 ." Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik 21.
Serenata. 2019. Belajar Kebijakan Fiskal Ekonomi. September. https://www.quipper.com/id/blog/mapel/ekonomi/kebijakan-fiskal/.
Sukirno, Sadono. 2010. Pengantar Teori Makro Ekonomi . Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sumarsono, Sonny. 2009. Manajemen Keuangan Pemerintah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suprayitno, Eko. 2005. Ekonomi Islam Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional . Yogyakarta: Graha Ilmu.
—. 2005. Ekonomi Islam Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tariquddin, Moh. 2014. "Teori Maqashid Syariah Perspektif Al-Syatibi." Jurnal Syariah dan Hukum.
Zatadini, Nabila. 2018. "Konsep Maqashid Syariah Menurut Al-Syatibi dan Kontribusinya dalam Kebijakan Fiskal." Journal of Islamic Economic.
Published
2021-09-16
How to Cite
HASBY, M. Zidny Nafi'; IHSAN, Akmal. KEBIJAKAN FISKAL DALAM SPEKTRUM MAQASHID AS-SYARI’AH. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-13, sep. 2021. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/26>. Date accessed: 20 apr. 2024.