PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BRAND IMAGE ROTI BLUDER COKRO

  • Hestia Rahajeng Universitas Brawijaya

Abstract

Pada saat ini, persaingan dalam dunia bisnis tumbuh sangat pesat dan kompetitif. Terlebih lagi usaha di bidang kuliner di Indonesia. Kota Madiun juga mendapat julukan sebagai Kota Gadis, yaitu merupakan singkatan dari perdagangan dan industri. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perdagangan dan industri di kota ini salah satunya roti bluder. Persaingan usaha roti juga terdapat di Madiun. Keanekaragaman Bluder yang ada di Madiun membuat konsumen lebih memilih dalam mengambil keputusan saat menentukan merek yang menurut konsumen mempunyai rasa yang pas. Kompetisi pasar tersebut akan terus berlanjut karena sejumlah merek baru terus bermunculan dengan berbagai macam variasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap brand image roti Bluder Cokro. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas roti Bluder lebih enak, lembut dan aromanya wangi dibandingkan merek bluder yang lainnya. Kemasan Bluder Cokro sangat menarik dan sederhana, serta banyak variasi dalam temanya. Persepsi nilai, meski pernah mencoba produk Bluder yang lain, mereka tetap akan membeli Bluder Cokro, sebab bluder yang lain mempunyai rasa yang berbeda, tidak seenak Bluder Cokro. Dari segi logo dan media promosi Bluder Cokro sederhana dan mudah diingat. Media promosi yang digunakan adalah baliho Bluder Cokro di sekitar jalanan di Kota Madiun. Persepsi harga mengeluhkan kenaikan harga Bluder Cokro, tapi menurut konsumen juga jika kenaikan diimbangi dengan kualitas dan rasa yang sebanding, hal itu tidak akan menjadi masalah bagi mereka

References

Aaker, D. A. (1997). Manajemen ekuitas merek, manfaat nilai suatu merek, Cetakan 1. Jakarta : Mitra` Utama.
Arikunto, S. (2006). Metode penelitian dalam praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Atmaja, L.S. (2009). Statistika untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta : Andi Offset.
Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian sosial. Surabaya : Airlangga University Press.
Daniel, M. F. (2005). Pengaruh persepsi pada model iklan PONDS terhadap body image remaja putri SMU di jakarta selatan. Skripsi : Universitas Atmajaya Jakarta.
Ferdinan, P. (2012). Proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli sepatu olahraga. Skripsi : Universitas Atmajaya Yogyakarta.
Husaini Usman, dkk. (2014). Metodologi penelitian sosial. Jakarta : Bumi Aksara.
Engel, J. F., Blackwell, R. D and Miniard, P. W. (1994). Consumer behaviour. Alih Bahasa, F.X. Budiyanto. Jakarta : Binarupa Aksara.
Kotler, P dan Amstrong, G. (2006). Prinsip – prinsip pemasaran Edisi ke 12. Jakarta : Erlangga.
Kriyantono, R. (2012). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Littlejohn, S.W dan Foss, KA. (2009). Teori komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika
Marwantika, Asna Istya. “Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 14, no. 01 (2019): 1–14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100.
———. “TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 1, no. 1 (2021): 249–65.
Marwantika, Asna, Galih Prabowo, and Ahmanda Fauzi. 2023. “Social Media Literacy Assistance to Ponorogo Instagram Admins As Citizen Journalism Activities”. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement 4 (2), 555 -69. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2287.
Marwantika, Asna Istya, Kayyis Fithri Ajhuri, Wanda Lestari Ningsih, dan Hanifa Munandra. “Towards Smart Village: Optimization of Village Information Systems in Bekare Bungkal Ponorogo.” The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) 4 (13 November 2022): 133–39.
McQuail, D. (2011) Teori komunikasi massa. Jakarta : Salemba Humanika
Morrison, M.A. (2010). Periklanan : komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta : Pernada Media Grup
Neuman, L. (2013). Metode penelitian sosial, pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta : PT Indeks.
Purba, J. S. (2012). Analisis pengaruh persepsi nilai konsumen terhadap minat beli produk private label hypermarket carrefour di kota Semarang. Skripsi : Universitas Diponegoro Semarang.
Rakhmat, J. (2005). Psikologi komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Romadlon, N. F. (2010). Persepsi mahasiswa prodi ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan humaniora terhadap brand ambassador pada iklan citra versi rumah cantik citra di televisi. Skripsi : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Setianingsih, Agustina. (2010). Pengaruh persepsi atribut produk teh celup sariwangi terhadap loyalitas konsumen. Skripsi : Universitas Kristen Satya Wacana.
Sugiyono. (2008). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. ( 2005 ). Strategi pemasaran, Edisi 2, cetakan keenam. Yogyakarta : Andi.
Wibisono, Bahaduri. (2014). Persepsi konsumen terhadap produk private label indomaret. Skripsi : Universitas Kristen Satya Wacana Yogyakarta.
Published
2022-10-31
How to Cite
RAHAJENG, Hestia. PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BRAND IMAGE ROTI BLUDER COKRO. Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 470-478, oct. 2022. ISSN 2808-4675. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ficosis/article/view/1147>. Date accessed: 05 may 2024.