PERSEPSI MAHASISWA KPI IAIN PONOROGO TERHADAP KONTEN MODERASI BERAGAMA DI TIKTOK
Abstract
Moderasi beragama sering menjadi pembahasan di Indonesia beberapa tahun terakhir. Maka pada penelitian ini, penulis ingin mengangkat tema terkait konten moderasi beragama di TikTok yang sudah mulai banyak menyebar dikalangan pengguna media sosial TikTok. Era digital menjadi penghubung bagi manusia untuk terus menggaungkan perdamaian antar umat beragama melalui moderasi beragama. Terutama melalui media sosial yang saat ini menjadi sarana penting dalam menebarkan nilai positif di Masyarakat yang berkaitan dengan perdamaian antar sesama dan agama. Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo terhadap konten hastag moderasi beragama di tiktok berada pada kategori positif. Terdapat lima pertanyaan yang berkaitan dengan konten moderasi beragama. 4 pertanyaan menunjukkan jawaban yang positif, dan 1 pertanyaan menunjukkan jawaban fifty-fifty atau seimbang. Dapat disimpulkan mahasiswa. Hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo menganggap bahwa konten hastag moderasi beragama di tiktok adalah hal yang penting dan diperlukan, baik untuk membantu memahami moderasi beragama dan menyebarkan nilai positif tentang moderasi beragama, hal tersebut juga bermanfaat untuk perkembangan studi mahasiswa di masa depan.
References
Buku Saku Moderasi Beragama, balitbangdiklat.kemenag.go.id
Farida, Nugrahani, Metode Penelitian Kualitatif, Cakra Books, 1st ed., vol. 1 (Solo: Cakra Books, 2014)
Hefni, Wildan, Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pangarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri. (Jurnal Bimas Islam Vol.13 No.I IAIN Jember, 2020)
Marwantika, Asna Istya. “Religious Moderation Campaigns on Social Media: Trend, Content Strategies and Public Sentiment.” Proceeding: International Conference on Islamic Studies (ICIS) IAIN Ponorogo, 30 November 2022, 52–66. https://doi.org/10.21154/icis.v0i0.783.
Marwantika, Asna Istya. “Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 14, no. 01 (2019): 1–14. https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.100.
———. “TREN KAJIAN DAKWAH DIGITAL DI INDONESIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era 1, no. 1 (2021): 249–65.
Marwantika, Asna Istya. “Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia.” Journal of Da’wah, 2022. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/dakwah/article/view/1274.
Marwantika, Asna, Galih Prabowo, and Ahmanda Fauzi. 2023. “Social Media Literacy Assistance to Ponorogo Instagram Admins As Citizen Journalism Activities”. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement 4 (2), 555 -69. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2287.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 24th ed. (Bandung: Alfabeta, 2016).