Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI Al- Azhar Madiun

  • Nabila Kuntum Khoiro Ummah
  • Hanin Niswatul Fauziah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) penerapan Kompetensi Profesional Guru (keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik kelas III, 2) kendala guru dalam Menerapkan kompetensi profesional Guru (keterampilan dasar mengajar) pada pembelajaran Tematik kelas III di MI Al-Azhar Madiun. Metode peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif-Deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik reduksinya peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa secara keseluruhan guru telah menerapkan keterampilan dasar mengajar dengan baik. Dalam menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru telah melaksanakan presensi, motivasi, dan menyimpulkan pelajaran. Pada keterampilan menjelaskan guru sudah menjelaskan dengan kalimat jelas dan sederhana. Pada keterampilan bertanya guru sudah menyebar pertanyaan untuk peserta didik. Pada keterampilan memberi penguatan guru menerapkan dengan menggunakan penguatan verbal dan non-verbal. Pada keterampilan mengadakan variasi guru sudah baik. Guru sudah melaksanakan keterampilan mengelola kelas dengan tanggap ketika terjadi kekacauan di kelas. Kemudian pada keterampilan menutup pelajaran guru memberikan kesimpulan pembelajaran.

Published
2021-12-31
How to Cite
UMMAH, Nabila Kuntum Khoiro; FAUZIAH, Hanin Niswatul. Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI Al- Azhar Madiun. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 295- 308, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/377>. Date accessed: 13 july 2024.