DISEMINASI MODERASI BERAGAMA DALAM TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Main Article Content

Muhammad Nasruddin Ahmad .

Abstract

Belakangan ini beberapa literatur menunjukkan bahwa penyebaran benih-benih radikalisme di perguruan tinggi mengalami peningkatan. Karakter akademis perguruan tinggi yang cenderung memberikan kebebasan kepada mahasiswa membuka peluang masuknya paham radikalisme melalui beragam kegiatan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu pengarusutamaan moderasi beragama di perguruan tinggi menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk diseminasi moderasi beragama dalam Tri dharma perguruan tinggi berbasis pesantren. Penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif dengan studi kasus jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAI Sunan Pandanaran Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun moderasi beragama tidak menjadi mata kuliah tersendiri namun telah menjadi hidden curriculum di mana nilai-nilainya juga disampaikan dalam proses pembelajaran. Peneliti ingin membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis learning by doing yang dibingkai dalam bentuk penelitian sebagai salah satu Tri dharma perguruan tinggi akan memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung kepada mahasiswa terhadap konsep moderasi beragama. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perguruan tinggi lainnya untuk membumikan nilai-nilai moderasi beragama melalui konsep Tri dharmanya baik melalui pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Article Details

How to Cite
NASRUDDIN, Muhammad; ., Ahmad. DISEMINASI MODERASI BERAGAMA DALAM TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI. Muktamar Pemikiran Mahasiswa Nasional Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 135-151, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/muktamar/article/view/823>. Date accessed: 26 dec. 2024.
Section
Articles