MODERASI BERAGAMA DAN MAHASISWA: KAJIAN SISTEMATIS REVIEW

Main Article Content

Fatimatuz Zahrah

Abstract

Moderasi beragama di Indonesia perlu dikawal oleh mahasiswa. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan moderasi beragama, salah satunya melalui peran mahasiswa. Artikel ini mengkaji tentang moderasi beragama dan kaitannya dengan peran mahasiswa didalamnya. Kajian mendalam dilakukan pada 20 artikel dari tahun 2016 sampai dengan 2022 dan fokus pada kemajuan riset tentang moderasi beragama. Artikel ini secara kritis menilai dan melakukan evaluasi berbagai temuan pada literatur, dan kemudian dilakukan proses pemeriksaan ulang penguatan moderasi beragama mahasiswa, peran organisasi, dan penguatan literasi digital. Hasil review menunjukkan penguatan moderasi beragama dilakukan dengan berbagai upaya yang terstruktur seperti internalisasi materi moderasi beragama dalam pembelajaran, diskusi publik, dan pengaruh karakter pemimpin. Peran organisasi yaitu dengan penguatan sikap toleransi, peningkatan wawasan islam dan kebangsaan. Penguatan literasi digital dilakukan dengan melakukan filter pada konten-konten tentang agama, memproduksi konten yang bermutu terkait moderasi beragama, dan menyebarkan nilai toleransi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa moderasi beragama dan mahasiswa memiliki ikatan yang berjalan searah. Mahasiswa menjadi garda terdepan dalam mengawal moderasi beragama di Indonesia. Secara keseluruhan artikel ini dapat menjadi rujukan penelitian selanjutnya dengan mengidentifikasi peran masyarakat dan mahasiswa dalam membangun moderasi beragama.

Article Details

How to Cite
ZAHRAH, Fatimatuz. MODERASI BERAGAMA DAN MAHASISWA: KAJIAN SISTEMATIS REVIEW. Muktamar Pemikiran Mahasiswa Nasional Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 104-115, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/muktamar/article/view/821>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles