OPTIMALISASI MATA KULIAH USHUL FIQIH SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME KAMPUS

Main Article Content

Aqil Husein Almanuri

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pentingnya optimalisasi matakuliah ushul fiqih sebagai matakuliah wajib untuk menangkal indoktrinasi radikalisme di lingkungan kampus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi peran sekaligus optimalisasi mata kuliah ushul fiqih sebagai cara sekaligus metode berpikir mahasiswa dalam menjawab isu-isu problematik dan kontemporer, baik di luar atau di dalam kampus. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara dan pengamatan langsung (observasi). Narasumber yang diambil adalah dosen Ushul Fiqih di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Selain itu, sumber data juga dihasilkan dari kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa langkah menangkal segala bentuk indoktrinasi radikalisme dan fundamentalisme di kampus bisa diupayakan secara optimal dengan melakukan optimalisasi terhadap kajian matakuliah ushul fiqih. Indikator optimalisasi yang dilakukan adalah ketika Ushul Fiqih yang diajarkan bisa menyentuh aspek-aspek sosial yang sifatnya kontemporer dan bisa menjawab segala isu modern dengan metode-metode pengajaran yang ada di dalamnya.

Article Details

How to Cite
ALMANURI, Aqil Husein. OPTIMALISASI MATA KULIAH USHUL FIQIH SEBAGAI UPAYA MENANGKAL RADIKALISME KAMPUS. Muktamar Pemikiran Mahasiswa Nasional Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 41-59, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/muktamar/article/view/817>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles