OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA DALAM MENGAWAL INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DI PTKI

Main Article Content

ABDILLAH MU’IZZ

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membahas peran stategis mahasiswa dalam mengawal proses internalisasi moderasi beragama pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam secara mendalam. Tujuan hal tersebut adalah terkumpulnya informasi yang jelas tentang bagaimana peran nyata mahasiswa dalam membendung masuknya ideologi trans nasional yang mengakomodir ektremisme dan radikalisme yang kian semakin merambah dan menjarah dunia kampus. Penelitian yang dilakukan adalah library research atau penelitian kepustakaan, yakni jenis penelitian yang dilakukan dengan cara pengumpulan data dari sumber-sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan sasaran penelitian, selanjutnya data yang terkumpul untuk dikaji muatan isinya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, perlu adanya langkah strategis dalam peningkatan peran mahasiswa dalam mengawal proses internalisasi nilai moderasi beragama di Perguruan Tinggi, karena dengan demikian mahasiswa sebagai ujung tombak pembangunan generasi ke depan harus mampu secara utuh bergerak dan terlindungi dari virus ekstrimisme dan radikalisme. Terlebih untuk merespon era disrupsi dengan fenomena-fenomena gesekan dalam kehidupan keberagaman khususnya dalam praktek keagamaan, maka kita membutuhkan langkah tepat dan strategis yang dimulai dari muara lahirnya cendekiawan dan generasi penerus bangsa yaitu Perguruan Tinggi. Dengan begitu dapat menciptakan arus utama untuk memiliki cara pandang seimbang dan moderat menyikapi perbedaan keragaman, serta tidak terjebak dalam pusaran arus radikalisme, ekstimisme dan intoleransi.

Article Details

How to Cite
MU’IZZ, ABDILLAH. OPTIMALISASI PERAN MAHASISWA DALAM MENGAWAL INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DI PTKI. Muktamar Pemikiran Mahasiswa Nasional Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-15, dec. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/muktamar/article/view/814>. Date accessed: 27 feb. 2024.
Section
Articles