Penerapan Pembelajaran Reward and Punishment Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Semangat dan Motivasi Belajar Siswa di Mts Miftahusalam Kambeng Slahung Ponorogo

  • Yunita Wahyu Pertiwi IAIN Ponorogo
  • Yulia Rahma Dhara IAIN Ponorogo

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu menghadapi segala tantangan perubahan zaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan zaman telah melahirkan berbagai permasalahan yang mempunyai dampak positif dan negatif. Dengan kata lain, masyarakat dituntut kreatif, inovatif dan cermat untuk mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dan pada akhirnya siap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi. Berbagai masalah yang terjadi di dalam dunia pendidikan memerlukan upaya untuk mengatasinya. Penerapan reward dan punishment pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Mts Miftahussalam Kambeng, Slahung, Ponorogo ini mempunyai tujuan agar ketika pembelajan peserta didik dapat lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu diharapkan perilaku siswa dapat dikendalikan dan hasil belajar siswa bisa maksimal. Siswa terlihat lebih antusias ketika diterapkan pembelajaran ini selain itu pemberian hukuman yang sesuai juga membuat siswa belajar agar tidak mengulangi hal buruk yang seharusnya tidak dilakukan ketika pembelajaran. Dari berbagai masalah yang sering terjadi yang telah peneliti paparkan sebelumnya pemberian reward dan punishment ini juga termasuk upaya dalam peningkatan mutu pendidikan. Peran seorang guru sangatlah pentitng dalam mengendalikan siswa di dalam kelas dan dalam menyampaikan pengetahuan pembelajaran sebaik mungkin kepada siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengamati pengaruh penggunaan Reward dan Punishment yang diterapkan oleh guru IPS di Mts Miftahussalam. Penulisan karya tulis ini diharapkan membawa perubahan dalam sistem pembelajaran dan Indonesia dan meningkatkan mutu pembelajaran di Mts miftahussalam kambeng.

Published
2024-06-28
How to Cite
WAHYU PERTIWI, Yunita; DHARA, Yulia Rahma. Penerapan Pembelajaran Reward and Punishment Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Semangat dan Motivasi Belajar Siswa di Mts Miftahusalam Kambeng Slahung Ponorogo. Prosiding Lokakarya Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo, [S.l.], v. 3, june 2024. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ips/article/view/1265>. Date accessed: 03 july 2024.