UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 BABADAN
Abstract
Mind mapping merupakan model pembelajaran berbentuk peta pikiran di mana di dalamnya berisi hubungan keterkaitan antar topik, ide, gagasan dan konsep-konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dasar model pembelajaran mind mapping, mendeskripsikan pengimplementasian model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPS, mendeskripsikan peningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir siswa SMP melalui model pembelajaran mind mapping dan menganalisis hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan model pembelajaran mind mapping serta mengetahui solusinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Di SMP Negeri 2 Babadan pada pembelajaran IPS tema Keragaman Alam Indonesia guru IPS membuat mind mapping. Mind Mapping ini memetakan keragaman pertambangan, industri, perikanan, pertanian, perkebunan serta sistem sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Melalui model pembelajaran mind mapping ini berhasil meningkatkan kreativitas dan berpikir siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Babadan.