PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY DI MTS SULAMUL HUDA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN

  • Titis Anggun Mutiani IAIN Ponorogo

Abstract

Pendidikan yang efektif adalah sesuatu yang dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Salah satu cara untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa adalah dengan menggunakan teknologi augmented reality di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis augmented reality di MTS Sulamul Huda dan menganalisis dampak materi tersebut terhadap motivasi dan sikap belajar siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluasi) metodologi penelitian model. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTS Sulamul Huda. Informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan survei. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa bahan pembelajaran berbasis augmented reality yang dikembangkan memenuhi syarat validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Validitas bahan ajar diperoleh dari hasil validasi media, materi, dan bahasa. Hasil uji terbatas dan lapangan uji memberikan wawasan tentang aspek praktis bahan ajar. Efektivitas bahan ajar ditentukan oleh meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis augmented reality dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru di MTS Sulamul Huda dan sekolah lainnya dapat menggunakan teknologi augmented reality dalam pembelajarannya untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa.

Published
2023-10-27
How to Cite
ANGGUN MUTIANI, Titis. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY DI MTS SULAMUL HUDA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Prosiding Lokakarya Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo, [S.l.], v. 3, oct. 2023. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ips/article/view/1263>. Date accessed: 03 july 2024.