UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI APLIKASI QUIZIZ PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO
Abstract
Salah satu unsur pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan adalah penggunaan media pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran tidak hanya tercermin pada hasil belajar siswa tetapi juga pada pemahaman dan penguasaan materi. Semakin baik pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan belajar. Namun kenyataannya, hasil belajar siswa masih rendah. Sampaisaat ini pembelajaran belum berhasil dan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu alternatif cara yang dapat digunakan untuk meminimalisir atau mengatasi permasalahan yang adaadalah dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi pembelajaran interaktif yang menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk kegiatansantai yang dapat diunduh dan dimainkan diAndroid. Penggunaan aplikasi Quizizz ini diterapkan dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran IPS di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII. Objek penelitian ini adalah penggunaan aplikasi Quizizz dalam penilaian pembelajaran IPS.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mengumpulkan data, merangkum data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dalam penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran IPS terdapat tahap-tahap yang harus dilakukan dalam menggunakan aplikasi Quizizz. Terdapat kekurangan dan kelebihan dalam penggunaan aplikasi Quizizz pada pembelajaran IPS di kelas VII di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.