PENINGKATAN EFISIENSI PENDIDIKAN: PENDEKATAN SISTEMATIS PENGELOLAAN SUMBER DAYA DALAM PENGAJARAN BERBASIS CETAK UNTUK HASIL BELAJAR OPTIMAL DI MTS SULAMUL HUDA PONOROGO

  • Qoulallayyina Qoulallayyina IAIN Ponorogo
  • Rivriana Himawati
  • Arsyad Muhammad Sajjad IAIN Ponorogo

Abstract

Meningkatkan efektivitas pengajaran di MTs Sulamul Huda Ponorogo dengan meningkatkan penggunaan materi yang sistematis dalam pengajaran berdasarkan studi kasus. Penelitian ini mengeksplorasi rencana pengelolaan sumber daya yang dapat dioptimalkan untuk mendukung pembelajaran di tingkat menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan sistematis dalam mengalokasikan sumber daya sekolah dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Memasukkan teknologi mutakhir ke dalam proses pembelajaran membuka cara baru untuk membuat materi pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Model pengelolaan sumber daya sekolah yang diusulkan tidak hanya menyeimbangkan peran guru dan siswa; hal ini juga menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara keduanya. Hasil penelitian dapat memberikan pengaruh positif terhadap pengalaman belajar siswa di MTs Sulamul Huda dengan menciptakan peluang belajar yang lebih aktif dan hasil yang lebih baik. Selain itu, penelitian ini menemukan rencana pengelolaan perlengkapan sekolah yang dapat meningkatkan koordinasi antara guru, siswa, dan siswa. dan perlengkapan sekolah. Penerapan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di MTs Sulamul Huda Ponorogo dengan membuat siswa lebih termotivasi dan meningkatkan efektivitas pengajaran. Ada beberapa penelitian ini tidak hanya memberikan pendidikan menengah di Ponorogo, tetapi juga bisa memberikan cara sekolah lain untuk mengoptimalkan pendekatan pengelolaan sumber daya untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Pengembangan strategi ini dapat dijadikan pedoman oleh lembaga pendidikan lain, tidak hanya di dalam negeri. Ponorogo tetapi juga di tempat lain, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran berdasarkan kriteria dan mencapai standar pembelajaran yang lebih tinggi.

Published
2023-10-27
How to Cite
QOULALLAYYINA, Qoulallayyina; HIMAWATI, Rivriana; SAJJAD, Arsyad Muhammad. PENINGKATAN EFISIENSI PENDIDIKAN: PENDEKATAN SISTEMATIS PENGELOLAAN SUMBER DAYA DALAM PENGAJARAN BERBASIS CETAK UNTUK HASIL BELAJAR OPTIMAL DI MTS SULAMUL HUDA PONOROGO. Prosiding Lokakarya Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo, [S.l.], v. 3, oct. 2023. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ips/article/view/1259>. Date accessed: 03 july 2024.