PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK, PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN SOCIAL ECO WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII MTSS AS-SALAM PONOROGO

  • Berliana Mayasari IAIN Ponorogo
  • Ahmad Syadat Nuha IAIN Ponorogo
  • Dyah Amarul Khasanah IAIN Ponorogo
  • Farid Susanto IAIN Ponorogo
  • Risma Dwi Arisona IAIN Ponorogo

Abstract

Model TPS merupakan metode pembelajaran kooperatif yang melibatkan tahap berpikir individu, berdiskusi berpasangan, dan berbagi dengan kelompok lebih besar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh guru atau pendidik dalam konteks kelas mereka sendiri dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VIII di MTsS As-Salam Sooko Ponorogo melalui penerapan model pembelajaran tipe Think, Pair, and Share (TPS) yang dibantu oleh Social Eco Website. Social Eco Website sebagai media pendukung menyediakan berbagai sumber belajar dan forum diskusi yang memfasilitasi interaksi antara siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPS yang dibantu oleh Social Eco Website mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, ditunjukkan dengan peningkatan nilai ratarata dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

Published
2023-10-27
How to Cite
MAYASARI, Berliana et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK, PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN SOCIAL ECO WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII MTSS AS-SALAM PONOROGO. Prosiding Lokakarya Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo, [S.l.], v. 3, oct. 2023. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ips/article/view/1256>. Date accessed: 03 july 2024.