IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA STUAC (STUDY ASEAN COUNTRY)WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS, SISWA MTs AL-ISLAM JORESAN MLARAK PONOROGO

  • Dwi Khusnul Alfiah IAIN Ponorogo
  • Aghniya Muwafiqul Fithriyah IAIN Ponorogo
  • Aulia Nur Aini IAIN Ponorogo
  • Aji Khamdan Novarianto IAIN Ponorogo
  • Risma Dwi Arisona IAIN Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan model pembelajaran picture and picture melalui media STUAC (Study Asean Country)Website pada mata pelajaran IPS sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik di MTs Al-Islam Joresan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan pembelajaran picture and picture melalui media STUAC (Study Asean Country)Website terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas penelitian yang dilakukan di dalam kelas dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipasif dengan melibatkan siswa kelas VIII B di MTs Al-Islam Joresan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Siklus satu terdapat beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Siklus dua sebagai penyempurnaan siklus satu dengan memperbaiki model pembelajaran yang ada didalamnya.  Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa penggunaan model  pembelajaran picture and picture melalui media STUAC (Study Asean Country)Website memiliki dampak positif terhadap motivasi dan minat belajar siswa, mereka menunjukan minat lebih tinggi dibuktikan dengan nilai dibuktikan degan meningkatnya jumlah frekuensi yang berpredikat sangat baik yang awalnya 4 frekuensi menjadi 10 frekuensi. Dalam belajar IPS melalui model dan media ini. Penggunaan model  pembelajaran picture and picture melalui media STUAC (Study Asean Country)Website dapat meningkatkan motivasi dan minatsiswa dengan memberikan pengalaman pembelajaran interaktif dan menarik. Implikasi penelitian ini ialah bahwa penggunaan model  pembelajaran picture and picture melalui media STUAC (Study Asean Country)Website bisa diterapkan dalam konteks pembelajaran IPS di MTs AlIslam Joresan maupun sekolah-sekolah lainnya untuk meningkatakan efektivitas pembelajaran, memperkuat motivasi dan minat siswa.

Published
2023-10-27
How to Cite
KHUSNUL ALFIAH, Dwi et al. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA STUAC (STUDY ASEAN COUNTRY)WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS, SISWA MTs AL-ISLAM JORESAN MLARAK PONOROGO. Prosiding Lokakarya Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo, [S.l.], v. 3, oct. 2023. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ips/article/view/1255>. Date accessed: 03 july 2024.