PENGGUNAAN MEDIA WEBSITE EDUSOCIETY DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AL FALAH NGRAYUN, KABUPATEN PONOROGO
Abstract
Game Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mana didalamnya berupa penggabungan antara game (permainan) dengan suatu materi tertentu. Media Website Edusociety berisi materi power point, youtube, dan video pembelajran serta game yang menunjang dalamĀ media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Website Edusociety dengan model game dapat mempengaruhi prestasi belajar di MTs Al Falah Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data, dan refleksi akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 14 orang. Tujuan penelitian adalah prestasi belajar sejarah lokal (muatan pelajaran IPS). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa model game based learning dapat meningkatkan pembelajaran sejarah lokal (muatan pelajaran IPS) pada siswa kelas VII. Hal ini dibuktikan melalui hasil prestasi belajar siswa siklus 1 dengan nilai rata-rata yang tuntas hanya 28,5% sedangkan pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 64,2% tuntas dalam memahami materi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran game based learning dapat meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran sejarah lokal (muatan pelajaran IPS) kelas VII di MTs Al-Falah Ngrayun,Kabupaten Ponorogo.