PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS HOTS DENGAN BERBANTUAN MEDIA LA-NASA WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII DI MTs AL-FALAH NGRAYUN
Abstract
Problem based learning merupakan model secara kontekstual yang menuntut siswa berpikir secara aktif untuk menemukan pemecahan masalah dengan cara berpikir secara mendalam. LA-NASA WEB merupakan media pembelajaran yang dibuat dan dikembangkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih mendalam.Sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena siswa kelas VIII di MTsS AL-FALAH Ngrayun yang belum memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dalam hal ini, mereka masih terpaku dengan hafalan serta tekstual yang ada dalam buku, sehingga perlu adanya penerapan model pembelajaran yang membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan berbantuan media pembelajaran LA-NASA WEB. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem based learning berbasis HOTS dengan berbantuan media LA-NASA WEB pada siswa kelas VIII MTsS AL-FALAH Ngrayun sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang diterapkan merupakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi yang dilakukan dengan dua siklus. Hasil dari penilitian ini, penerapan model PBL dengan berbantuan media LA-NASA WEB mampu meningkatan kemampuan peserta didik dengan presentase 82%.