Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Dengan Media Going To SIF Website Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa MtsN 1 Ponorogo
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor kunci yang mempengaruhi pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini meneliti penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament dengan media Going To SIF Website pada pelajaran IPS di MTsN 1 Ponorogo untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII A dan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Team Game Tournament dengan media Going To SIF Website memiliki efek positif pada motivasi belajar siswa. Penggunaan model ini membuat siswa lebih tertarik belajar IPS dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Team Game Tournament dengan media Going To SIF Website dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS di MTsN 1 Ponorogo maupun sekolah-sekolah lainnya. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, memperkuat motivasi, dan meningkatkan minat belajar siswa.