KONTRIBUSI DAN NILAI BUDAYA SITUS LINGGA YONI SEBAGAI TEMPAT PETILASAN SETRO WIJAYO DI DESA PINTU KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

  • Muh. Arifin IAIN Ponorogo

Abstract

Situs purbakala adalah sebuah tempat atau lokasi ditemukan benda sebagai peninggalannya purbakala yang masih berkaitan dengan kegiatan manusia di zaman dahulu. Dilihat secara umum mengenai keberadaan suatu situs dapat dilihat dari adanya artefak, baik yang berada di permukaan tanah ataupun di bawah tanah. Jumlah situs purbakala ditemukan cukup banyak dan ragamnya. Cagar Budaya Lingga Yoni adalah bentuk bukti bahwa di Desa Pintu Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Potensi wisata sejarah yang datang ke tempat lingga Yoni cukup banyak dan juga ada peran sosial dan bersama yang dilakukan masyarakat.  Tujuan dari adanya penelitian ini tidak lain untuk menjelaskan situs purbakala lingga Yoni untuk mengetahui sejarah, relief, menjaga dan tetap melestarikan warisan situs purbakala lingga Yoni yang ada di Ponorogo. Penelitian ini merupakan dan memaparkan hasil pengumpulan data kualitatif atau statistik seperti survei sesuai dengan kondisi di lapangan dan bisa di ambil kesimpulan. Untuk teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Published
2022-06-10
How to Cite
ARIFIN, Muh.. KONTRIBUSI DAN NILAI BUDAYA SITUS LINGGA YONI SEBAGAI TEMPAT PETILASAN SETRO WIJAYO DI DESA PINTU KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Prosiding Lokakarya Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Ponorogo, [S.l.], v. 2, june 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/ips/article/view/1230>. Date accessed: 03 july 2024.