Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Stip dan Pensil Karya Ardy Octaviand

  • Muhammad Choirul Anam
  • Maya Zahrotul Afifah
  • Dwi Ulfa Nurdahlia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh marak kasus-kasus gejala degradasi moral serta karakter yang melibatkan remaja dan khususnya pelajar. Salah satu penyebabnya ialah tontonan yang seharusnya tidak pantas dilihatnya, karena apa yang dipandang serta didengar dapat menjadi role model mereka. Film merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Adapun film yang diteliti pada penelitian ini adalah film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand. Film Stip & Pensil menampilkan empat sekawan SMA yang peduli terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi literatur (library research). Film Stip & Pensil sebagai data primer atau data utama serta menggunakan bahan-bahan tertulis seperti buku, artikel, ataupun dokumen lainnya sebagai pembanding atau data sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan teknik dokumenter, yaitu dokumen tertulis maupun dokumen terekam. Penelitian ini mengunakan teknik analisis isi (content analysis). Dari hasil analisis data tersebut, terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter dalam film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand, sebagaimana yang diprogramkan Kemendiknas, yaitu: (1) cinta damai, (2) kreatif, (3) kerja keras, (4) tanggung jawab, (5) mandiri, (6) peduli sosial, (7) toleransi, (8) jujur, (9) menghargai prestasi, dan (10) karakter rasa ingin tahu.

Published
2021-12-31
How to Cite
ANAM, Muhammad Choirul; AFIFAH, Maya Zahrotul; NURDAHLIA, Dwi Ulfa. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Stip dan Pensil Karya Ardy Octaviand. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 45- 56, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/496>. Date accessed: 03 july 2024.