Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo)

  • Ria Ambaryuni
  • Ela Desiati
  • Restu Yulia Hidayatul Umah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan PJJ, minat belajar siswa dan peran wali kelas dalam mengingkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran jarak jauh di MIN 7 Ponorogo dilakukan dengan cara pembelajaran dalam jaringan (daring) dan pembelajaran luar jaringan (luring). Pembelajaran daring dilaksanakan setiap hari senin-sabtu, sedangkan pembelajaran luring dilaksanakan tiga kali pertemuan dalam satu bulan. pada saat pembelajaran daring minat belajar siswa sangat baik, namun lama kelamaan menurun. Hal ini disebabkan oleh rasa bosan dan juga fasilitas yang dibutuhkan siswa. Dalam melaksanakan tugasnya, wali kelas telah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan minat belajar siswanya dengan cara melakukan kegiatan kelompok belajar, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, pemberian motivasi, pemberian nilai, pemberian evaluasi, pemberian pujian, pemberian tugas yang tidak terlalu berat dan pemberian tugas dalam bentuk karya. Peran wali kelas ini sangat mendukung untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Published
2022-01-31
How to Cite
AMBARYUNI, Ria; DESIATI, Ela; UMAH, Restu Yulia Hidayatul. Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo). ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 165- 174, jan. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/494>. Date accessed: 04 mar. 2024.