Pengaruh Persepsi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan

  • Sri Wahyuni
  • Ayu Lia Wardani
  • Moh. Miftahul Choiri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: 1) bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan; 2) bagaimana hasil belajar Tematik kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan; 3) adakah pengaruh secara signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card terhadap hasil belajar Tematik kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan penelitian non eksperimen bersifat ex-post facto. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas IV SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan dengan jumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen dalam pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card kelas IV SDIT Badrussalam Kawedanan dalam kategori sedang dengan frekuensi tertinggi sebanyak 27 siswa dengan presentase 57,44%, hasil belajar Tema 7 siswa kelas IV SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan dalam kategori sedang dengan frekuensi teringgi sebanyak 30 siswa dengan presentase 63,83%, dan terdapat pengaruh secara signifikan antara persepsi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media flash card terhadap hasil belajar Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2022-01-14
How to Cite
WAHYUNI, Sri; WARDANI, Ayu Lia; CHOIRI, Moh. Miftahul. Pengaruh Persepsi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Media Flash Card terhadap Hasil Belajar Kelas IV di SDIT Badrussalam Kawedanan Magetan. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 31- 44, jan. 2022. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/487>. Date accessed: 04 mar. 2024.