Peran Orang Tua dalam Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online pada Anak Sekolah Dasar di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi

  • Retno Wulandari
  • Febriana Nur Ike Ayu Listiyaningsih
  • Restu Yulia Hidayatul Umah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara orang tua mendampingi anak belajar berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Penelitian ini mendeskripsikan kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi, dan  solusi orang tua dalam menerapkan pembelajaran berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengarah kepada kejadian atau fenomena yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam mendampingi anak belajar berbasis online di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi  orang tua berperan sebagai pengganti guru ketika belajar di rumah,  fasilitator, motivator, dan orang tua sebagai pengaruh terbesar anak. Adapun Kendala yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anak belajar berbasis online ialah ketidaktersediaan kuota internet, tidak dapat menemani anak belajar secara penuh karena harus ditinggal bekerja sehingga anak belajar sendiri di rumah serta memungkinkan anak tidak belajar melainkan bermain game.

Published
2021-12-31
How to Cite
WULANDARI, Retno; LISTIYANINGSIH, Febriana Nur Ike Ayu; UMAH, Restu Yulia Hidayatul. Peran Orang Tua dalam Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online pada Anak Sekolah Dasar di Desa Sambiroto Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 1- 8, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/383>. Date accessed: 04 mar. 2024.