Peran Orang Tua/ Wali Murid dalam Menumbuhkembangkan Karakter Resiliensi pada Anak Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Ponorogo

  • Noor Imansyah Warna Alam
  • Susilo Setyo Cahyono

Abstract

Resiliensi perlu ditumbuh kembangkan oleh orang tua  melalui pengasuhan dan pendidikan yang tepat. Penelitian ini bertujuan peneliti ini adalah: 1. Mengetahui dan menganalisa yang dilakukan orang tua/wali murid dalam  menumbuh kembankgan karakter resiliensi pada anak, 2. Mengetahui dan menganalisa faktor yang menghambat orang tua/wali murid dalam menumbuh kembangkan karakter resiliensi pada anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini: (1). Peran orang tua dalam menumbuh kembangkan karakter resiliensi pada anak orang tua menjadi motivator dengan memberikan semangat, motivasi, dan support kepada anak saat mengeluh dengan tujuan agar anak tidak mudah putus asa dan giat dalam belajar, mendorong anak untuk memandang kesalahan sebagai kesempatan untuk memperbaiki di lain hari anak dapat berbuat lebih baik dan pantang menyerah, mendukung cita-cita yang diinginkan anak. (2). Faktor yang menghambat dalam menumbuh kembangkan karakter resiliensi diantaranya faktor eksternal yaitu orang tua sibuk diluar rumah untuk bekerja keras dalam mencari nafkah untuk membiayai anaknya. Padahal diketahui tugas orang ibu terutama adalah mendidik anaknya. Faktor internal anak tetap tangguh dan semangat sesulit apapun tugas yang dihadapi, mereka tetap mengerjakan dengan percaya diri.

Published
2021-12-31
How to Cite
ALAM, Noor Imansyah Warna; CAHYONO, Susilo Setyo. Peran Orang Tua/ Wali Murid dalam Menumbuhkembangkan Karakter Resiliensi pada Anak Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 9- 18, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/382>. Date accessed: 04 mar. 2024.