Pengaruh Bimbingan belajar pada Masa Pandemi Covid- 19 terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Kradinan 01

  • Sherly Pujianingsih
  • Dwi Ulfa Nurdahlia

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa kelas 6 di SDN Kradinan 01 dalam mata pelajaran matematika dikarenakan pembelajaran dilakukan secara daring, tidak bisa dilakukan tatap muka secara langsung akibatnya penyampaian materi matematika kurang mengena dibenak siswa. Sehingga dengan adanya bimbingan belajar diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi matematika dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SDN Kradinan 01, 2) untuk mengetahui besar kontribusi pengaruh bimbingan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SDN Kradinan 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Kradinan 01 yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bimbingan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas 6 mata pelajaran matematika pada masa pandemi covid-19. 2) untuk besar kontribusi pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 39%, dan 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Published
2021-12-31
How to Cite
PUJIANINGSIH, Sherly; NURDAHLIA, Dwi Ulfa. Pengaruh Bimbingan belajar pada Masa Pandemi Covid- 19 terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN Kradinan 01. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 329- 336, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/380>. Date accessed: 15 july 2024.