Model Card Sort Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

  • Tsamrotin Nafi’ah
  • Dian Hikmayana
  • Risma Dwi Arisona

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu proses kegiatan dimana guru dan peserta didik saling berinteraksi guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Tetapi faktanya, kegiatan belajar mengajar di MI Plus Bunga Bangsa masih belum maksimal. Aktivitas belajar siswa masih kurang terlihat dan siswa belum sepenuhnya terlibat dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model card sort berbasis wordwall untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tajwid. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model card sort berbasis wordwall dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada dua siklus. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar pada setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai  dan pada siklus II meningkat menjadi . Hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan sebesar  dan pada siklus II meningkat menjadi . Hasil tersebut meningkat daripada hasil saat pra siklus yang hanya mencapai .


Kata kunci: Card Sort berbasis wordwall, Aktivitas belajar, Hasil belajar dan Tajwid.

Published
2021-12-31
How to Cite
NAFI’AH, Tsamrotin; HIKMAYANA, Dian; ARISONA, Risma Dwi. Model Card Sort Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 321- 328, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/379>. Date accessed: 27 dec. 2024.