Kajian Shalat dalam Kitab Mabadi’ Al- Fiqhiyah Juz 2 dan Relevansinya dengan Materi Shalat di Buku Fiqh Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah

  • Maulida Laili Rahmatika
  • Lia Anitasari
  • M. Syafiq Humaisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian dan relevansi tentang salat dalam kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār dengan materi salat di buku fiqih di kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian adalah penelitian kalitatif kajian pustaka (library reseach) yang dilakukan dengan cara membaca buku-buku atau majalah dan sumber data lainnya dalam kepustakaan. Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dengan mencari data mengenai hal yang berupa catatan buku, Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis isi (conten analysis). Berdasarkan analisis data diketahui  bahwa (1) kajian tentang salat dalam kitab Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 Karya Syekh ‘Umar ‘Abdu Al-Jabbār terdapat 2 teori yang meliputi salat fardlu, salat berjama’ah. (2) Pembahasan antara kitab Mabadi’ul Fiqiyyah karya Syekh Umar Abdul Jabbar dengan buku Fiqih di kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah memiliki keterkaitan atau relevansi yaitu pada pembahasan tentang salat fardlu dan salat berjama’ah.  Dengan demikian  dapat diartikan bahwasannya kitab  Mabādi’ Al-Fiqhīyah Juz 2 relevan apabila dijadikan sebagai acuan  untuk mengembangkan pembelajaran fiqih di kelas 2 MI pada materi  tentang salat.

Published
2021-12-31
How to Cite
RAHMATIKA, Maulida Laili; ANITASARI, Lia; HUMAISI, M. Syafiq. Kajian Shalat dalam Kitab Mabadi’ Al- Fiqhiyah Juz 2 dan Relevansinya dengan Materi Shalat di Buku Fiqh Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 309- 320, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/378>. Date accessed: 04 mar. 2024.