Efektivitas Metode Tutor Sebaya terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas 5 SDN 1 Ngrompak

  • Anggia Nur Hasanah
  • Hestu Wilujeng

Abstract

Kenyamanan dalam belajar menjadi hal yang penting dalam suatu proses belajar. Perasaan takut bertanya dan kurang percaya diri dapat menghambat suatu tujuan pembelajaran. Siswa cenderung diam ketika tidak memahami materi yang sedang diajarkan oleh guru mereka terutama pada mata pelajaran matematika. Bertanya kepada teman menjadi solusi mereka agar dapat memahami materi yang diajarkan dan saling tukar pikiran untuk melatih kemampuan komunikasi matematis antar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat efektifitas  metode tutor sebaya terhadap perbedaan pencapaian kemampuan kounikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksperimen (2) melihat efektifitas metode tutor sebaya terhadap perbedaan peningkatan pencapaian kemampuan kounikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksprimen. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain  penelitian quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Desain dipilih untuk mencapai tujuan di atas dengan menggunakan uji independent sampel T tes dan uji Man-Whitney  yang digunakan untuk menganalisis nilai N Gain. Adapun hasil penelitian (1) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksperimen (2) terdapat  perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol dan kelas eksprimen.

Published
2021-12-31
How to Cite
HASANAH, Anggia Nur; WILUJENG, Hestu. Efektivitas Metode Tutor Sebaya terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas 5 SDN 1 Ngrompak. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 283- 294, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/376>. Date accessed: 04 mar. 2024.