Pengaruh Interaksi Sosial dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo

  • Saslita Noviananda
  • Ulum Fatmahanik

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas III di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu interaksi sosial dan gaya belajar. Jika interaksi sosial dan gaya belajar siswa positif, maka hasil belajar siswa akan meningkat dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif Ngrupit, (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif Ngrupit, (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MI Ma’arif Ngrupit. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif, dengan jenis Ex-Post Facto. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh:  (1) Terdapat  pengaruh yang signifikan pada  interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa  kelas III MI Maarif Ngrupit dengan nilai  Fhitung>Ftabel(4,072>4,03) dengan sumbangan efektifnya sebesar 7,5%.  (2) Terdapat pengaruh  yang signifikan pada gaya belajar terhadap hasil belajar siswakelas III MI Ma’arif Ngrupit dengan nilai Fhitung>Ftabel (14,287>4,03) dengan sumbangan efektifnya sebesar 22,2%.  (3)  Terdapat    pengaruh yang signifikan pada interaksi sosial dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa  kelas III MI Ma’arif Ngrupit dengan Fhitung>Ftabel  (8,108>4,03) dengan sumbangan efektifnya sebesar 24,9%.

Published
2021-12-31
How to Cite
NOVIANANDA, Saslita; FATMAHANIK, Ulum. Pengaruh Interaksi Sosial dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 271- 282, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/375>. Date accessed: 04 mar. 2024.