Penerapan Sila Kelima Pancasila dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial bagi Siswa SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun

  • Ulfa Asmatul Ria
  • M. Fathurahman

Abstract

Penerapkan sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, siswa perlu sadar akan kodratnya sebagai makhluk sosial berusaha mewujudkan kemampuan yang merata serta berkeadilan sosial. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan internal dan eksternal sila kelima Pancasila dalam membentuk sikap peduli sosial bagi siswa. (2) Mendiskripsikan implikasi penerapan sila kelima Pancasila dalam membentuk sikap peduli sosial bagi siswa. (3) Mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan sila kelima Pancasila terhadap pembentukan sikap peduli sosial bagi siswa. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi tiga hal, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunnakan model Milles Huberman, yaitu meliputi reduksi data, display data dan yang terakhir mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah dilaksanakan kegiatan penerapan sila kelima Pancasila dalam membentuk sikap peduli sosial di SDN Kaligunting 01.

Published
2021-12-31
How to Cite
RIA, Ulfa Asmatul; FATHURAHMAN, M.. Penerapan Sila Kelima Pancasila dalam Membentuk Sikap Peduli Sosial bagi Siswa SDN Kaligunting 01 Kabupaten Madiun. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 247- 258, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/373>. Date accessed: 20 apr. 2024.