Hubungan Pemberian Motivasi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V dalam Kegiatan BDR di SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara pemberian motivasi terhadap disiplin belajar siswa kelas V, (2) mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa kelas V dalam kegiatan BDR di SDN 2 Tugurejo , dan (3) mengetahui tingkat hubungan pemberian motivasi terhadap pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap disiplin belajar siswa dalam kegiatan belajar dari rumah di SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto yang dilaksanakan di SDN 2 Tugurejo. Hasil penelitian ini: 1)Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian motivasi dan disiplin belajar pada kegiatan BDR di SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung dengan koefisien korelasi sebesar 0,605 yang memiliki hubungan yang kuat terhadap disiplin belajar siswa kelas V SDN 2 Tugurejo, 2)Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua motivasi dan disiplin belajar pada BDR di SDN 2 Tugurejo Kecamatan Slahung dengan koefisien korelasi sebesar 0,701 yang memiliki hubungan yang kuat terhadap disiplin belajar siswa kelas V SDN 2 Tugurejo, 3) Secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan pemberian motivasi dan pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar dengan nilai Fchange sebesar 0,000 dengan tingkat hubungan sebesar 0,767.