Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Botol Ajaib untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SDN Jetis Ponorogo

  • Annisa Fitri Lathifa
  • Sofwan Hadi

Abstract

Siswa kelas IV SDN Jetis Ponorogo meskipun telah mempelajari PPKn sejak kelas I, mayoritas siswa kelas IV masih belum menguasai dengan baik muatan pelajaran tersebut. Dari 10 siswa kelas IV yang mengikuti PAS, lebih dari 50% siswa masih belum menguasai materi PPKn. Ketidakpahaman siswa terhadap pembelajaran PPKn disebabkan oleh kurang seriusnya siswa mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Jetis Ponorogo yang berjumlah 10 siswa. Keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklus, yaitu pada tahap siklus I sebesar 60% dengan rata-rata kelas 68, siklus II sebesar 100% dengan rata-rata kelas 84, dan siklus III sebesar 100% dengan rata-rata kelas 92 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media botol ajaib mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media botol ajaib dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Published
2021-12-31
How to Cite
LATHIFA, Annisa Fitri; HADI, Sofwan. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Botol Ajaib untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SDN Jetis Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 189- 204, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/369>. Date accessed: 04 mar. 2024.