Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Peta Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Jetis Ponorogo

  • Riska Fitrianingrum
  • Eva Widya Oktavia
  • Yuentie Sova Puspidalia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media peta tematik pada siswa kelas V di SDN Jetis Ponorogo dengan pokok bahasan sejarah kerajaan Islam di Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran inkuiri dengan berbantuan media peta tematik bagi siswa kelas V di SDN Jetis Ponorogo. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan 2 jam pelajaran. Metode penelitian ini dilakukan dengan membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 3 siswa kemudian siswa mendapatkan soal yang harus dijawab dan didiskusikan sesuai dengan yang mereka pahami dari kegiatan pendahuluan dan kegiatan inti yang berisi tentang kegiatan mengamati, menanya, berdiskusi dan tanya jawab. Hasil penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media peta tematik dapat dilihat dari hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus pertama pecapaian ketuntasan sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 72,22 dan pada siklus kedua pencapaian ketuntasan sebesar 88,89% dengan nilai rata-rata 84,44.

Published
2021-12-31
How to Cite
FITRIANINGRUM, Riska; OKTAVIA, Eva Widya; PUSPIDALIA, Yuentie Sova. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Peta Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Jetis Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 175- 188, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/368>. Date accessed: 04 mar. 2024.