Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid- 19 Kelas V SDN 1 Sawoo Ponorogo

  • Khoirul Rahmawati
  • Andriyanto Kevin Pratama
  • Restu Yulia Hidayatul Umah

Abstract

Tujuan penelitian ini untukĀ  mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo, dan mendeskripsikan hasil yang diperoleh dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo. Metode yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian, guru sulit mengkondisikan siswa saat pembelajaran jarak jauh. Dampaknya menjadikan anak tidak mengumpulkan tugas atau menganggap remeh tugas yang diberikan oleh guru. Faktor pendukung dan penghambat yaitu orang tua siswa memahami situasi dan kondisi saat ini, orang tua bisa menghandle kuota internet yang dibutuhkan anaknya, dan sinyal mendukung, terdapat siswa yang tidak memiliki HP, tidak semua guru menguasai IT, dan komunikasi jarak jauh antara siswa dan guru. Hasil yang diperoleh dalam membentuk karakter mandiri dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran jarak jauh di masa covid-19 kelas 5 SDN 1 Sawoo Ponorogo terlihat jika ada kerjasama antara guru dan orang tua. Siswa akan semakin mandiri jika dalam pengawasan orang tuanya selama pembelajaran berlangsung.

Published
2021-12-31
How to Cite
RAHMAWATI, Khoirul; PRATAMA, Andriyanto Kevin; UMAH, Restu Yulia Hidayatul. Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri dan Tanggung Jawab Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid- 19 Kelas V SDN 1 Sawoo Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 155- 164, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/366>. Date accessed: 04 mar. 2024.