Komparasi Hasil Belajar Daring antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Media Audio Visual Materi Bangun Datar Siswa Kelas III

  • Roizul Amin Farida
  • Eva Risdianah
  • Hestu Wilujeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar daring antara yang menggunakan dan tidak menggunakan media audio visual materi bangun datar siswa kelas III di MIN 3 Ponorogo. Metode pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar daring siswa antara yang menggunakan media audio visual dan tidak menggunakan media audio visual (konvensional). Pada kelas ekperimen siswa yang memiliki hasil belajar pretest kategori baik sebanyak 5 siswa (19,230%), hasil belajar pretest kategori cukup 15 siswa (57,692%) dan hasil belajar pretest kategori kurang 6 siswa (23,076). Sedangkan pada hasil belajar posttest kategori baik sebanyak 11 siswa (30,69%), hasil belajar posttest kategori cukup 13 siswa (50%) dan hasil belajar posttest kategori kurang 5 siswa (19,230%). Hasil belajar menggunakan media audio visual lebih tinggi karena meningkat 27,7% dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional meningkat 19%.kelas III di MIN 3 Ponorogo.

Published
2021-12-31
How to Cite
FARIDA, Roizul Amin; RISDIANAH, Eva; WILUJENG, Hestu. Komparasi Hasil Belajar Daring antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Media Audio Visual Materi Bangun Datar Siswa Kelas III. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 145- 154, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/365>. Date accessed: 04 mar. 2024.