Kesulitan Belajar Matematika dalam Memahami Soal HOTS Materi Bangun Ruang pada Hasil Belajar Siswa
Abstract
Peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika dalam memahami soal HOTS pada materi bangun ruang serta kesulitan belajar matematika dalam memahami soal HOTS tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik pengumpulan data tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian peneliti membagi hasil belajar subjek penelitian menjadi 3 kategori yaitu: subjek berkemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang, dan subjek berkemampuan tinggi. Subjek berkemampuan tinggi ada 23,8%, subjek berkemampuan sedang ada 40,5%, dan subjek berkemampuan rendah ada 35,7%. Subjek berkemampuan rendah dalam memahami soal HOTS kategori C4 dan C5 mengalami kesulitan pada setiap tahap pemecahan. Pada tahap eksplorasi pada soal HOTS kategori C5 ia mampu menyajikan masalah kedalam bentuk lain dengan imajinasinya sendiri. Subjek berkemampuan sedang secara umum dalam memahami soal HOTS kategori C4 dan C5 mengalami kesulitan pada tahap membaca yaitu saat menulikan kata kunci. Subjek ini mengalami kesulitan pada tahap menyusun strategi dan memecahkan pada soal HOTS kategori C5. Subjek berkemampuan tinggi dalam memahami soal HOTS kategori C4 dan C5 tidak mengalami kesulitan. Ia mengalami hambatan dalam memecahkan masalah pada soal HOTS kategori C4 pada tahap pemecahan masalah. Ia mengalami kebingungan saat mengubah satuan.