Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 1 (Studi Kasus di SDIT Al- Uswah Barat Magetan)

  • Imtitsal Kamilah
  • Alin Seftiani
  • Ika Rusdiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran guru sebagai pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas 1 SDIT Al Uswah Barat (2) mendeskripsikan peran orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas 1 SDIT Al Uswah Barat selama di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research)  serta dilaksanakan di SDIT Al Uswah Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsakan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa kelas 1 di SDIT Al Uswah Barat (1) Guru sebagai pengelola kelas memberikan pengelolaan ruang belajar yang tepat dengan memberikan energi yang positif kepada siswa, dalam pengelolaan siswa guru memberikan pemusatan konsentrasi kepada siswa, dan dalam mengaktifkan peserta didik memberikan proses pembelajaran yang baik dan nyaman. (2) Orang tua sebagai motivator memberikan motivasi kepada anak dengan baik, mendukung perkembangan kemampuan calistung anak dengan pemberian hadiah, kompetisi, hukuman, pujian, dan mengkondisikan situasi lingkungan.

Published
2021-12-31
How to Cite
KAMILAH, Imtitsal; SEFTIANI, Alin; RUSDIANA, Ika. Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung Siswa Kelas 1 (Studi Kasus di SDIT Al- Uswah Barat Magetan). ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 123- 132, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/363>. Date accessed: 04 mar. 2024.