Upaya Guru dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Kelas V SDIT Al- Mawaddah Coper Jetis Ponorogo
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa SDIT Al-Mawaddah; faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang pada siswa di SDIT Al-Mawaddah; dan upaya guru dalam menanggulangi perilaku menyimpang siswa di SDIT Al-Mawaddah? Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik dalam analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru bagian kesiswaan dan siswa. Hasil Penelitian: (1) Penyimpangan yang terjadi di merupakan penyimpangan yang tergolong ringan, seperti tidak membuang sampah pada tempatnya, kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan kelas, kurangnya respect jika guru membutuhkan bantuan, adanya geng antar siswa, dan terlambat datang ke sekolah. (2) Faktor yang mempengaruhi peserta didik adalah faktor keluarga, faktor teman dan faktor lingkungan. (3) Upaya preventif: mengarahkan siswa untuk mengikuti berbagai kegiatan, upaya represif dengan memberikan sanksi jika siswa melakukan pelanggaran, upaya kuratif: memberikan bimbingan dan arahan agar tumbuh kesadaran siswa.