Implementasi Program Taman Bacaan Desa dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Mojorejo, Jetis, Ponorogo

  • Nova Wardah Ayu Ramadhani
  • Arizka Zulfa Octaviani
  • Esti Yuli Fitriani

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) strategi yang dilakukan taman bacaan desa Mojorejo dalam meningkatkan budaya literasi anak usia sekolah dasar (2) hasil penerapan strategi yang dilakukan taman bacaan  desa Mojorejo dalam meningkatkan budaya literasi anak usia sekolah dasar (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi yang dilakukan taman bacaan desa Mojorejo dalam meningkatkan budaya literasi anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini adalah: (1) strategi yang diterapkan Taman Bacaan untuk meningkatkan budaya literasi sangat beragam; (2) Strategi Taman Bacaan mampu menumbuhkan kebiasaan gemar membaca, meningkatkan animo anak-anak untuk rutin berkunjung ke Taman Bacaan, mulai tumbuhnya gemar membaca, anak-anak menjadi terampil dan senang berkreasi, serta mempererat persaudaraan antar anak-anak  desa Mojorejo; (3) Penghambat tumbuh kembang Taman Bacaan diakibatkan oleh kondisi wilayah selama masa pandemi, minimnya dana donasi, koleksi buku bacaan yang masih minim, dan belum adanya basecamp khusus Taman Bacaan.

Published
2021-12-31
How to Cite
RAMADHANI, Nova Wardah Ayu; OCTAVIANI, Arizka Zulfa; FITRIANI, Esti Yuli. Implementasi Program Taman Bacaan Desa dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Mojorejo, Jetis, Ponorogo. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, [S.l.], p. 85- 94, dec. 2021. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/view/359>. Date accessed: 04 mar. 2024.